Berikut adalah alasan paling umum urine Anda mengeluarkan aroma tak biasa. (Foto: Pexels.com)
Berikut adalah alasan paling umum urine Anda mengeluarkan aroma tak biasa. (Foto: Pexels.com)

Diabetes, Salah Satu Penyebab Bau pada Urine

Rona diabetes
Torie Natalova • 15 Maret 2019 08:34
Minum minuman berkafein seperti kopi dapat membuat urine Anda juga berbau seperti kopi. Namun ada juga bau pada urine yang bisa jadi gejala diabetes yang tidak terdiagnosis. Bau harum urine bisa terjadi karena diabetes dan kadar gula tidak terkontrol. 
 

 
Jakarta:
Bau pada air seni atau urine bisa menimbulkan kekhawatiran. Bau, warna dan frekuensi urine Anda sebenarnya dapat memberikan petunjuk penting tentang masalah kesehatan Anda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ahli urologi Marc Laniado mengatakan, urine yang normal adalah encer hampir tidak memiliki aroma yang tajam. Berikut adalah alasan paling umum urine Anda mengeluarkan aroma tak biasa.

1. Makanan

Makanan tertentu dapat membuat napas Anda sedikit bau, dan beberapa di antaranya akan memengaruhi bau pada urine. Asparagus dapat membuat urine berbau tidak sedap. Kol, lobak, kembang kol dan bawang putih dapat memiliki efek bau yang serupa. 

2. Minuman

Minum minuman berkafein seperti kopi dapat membuat urine Anda berbau seperti kopi.
 
(Baca juga: Kenali Tiga Tanda Klasik Diabetes)
 
Diabetes, Salah Satu Penyebab Bau pada Urine
(Ahli urologi Marc Laniado mengatakan, urine yang normal adalah encer hampir tidak memiliki aroma yang tajam. Foto: Pexels.com)

3. Anda mengalami dehidrasi

Jika Anda mencium aroma amonia yang kuat pada urine, bisa jadi karena Anda kurang minum. Tanpa cairan yang cukup untuk melarutkan urine Anda, warnanya akan lebih gelap dan sedikit berbau tak sedap. Seringkali bau urine lebih menyengat di pagi hari karena dehidrasi terjadi semalaman saat Anda tidur.

4. Infeksi

Infeksi saluran kemih bisa jadi penyebab urine berbau busuk. Infeksi kemungkinan terjadi saat Anda juga merasakan sensasi menyengat atau terbakar. Infeksi saluran kemih dapat diobati dengan pemberian antibiotik.

5. Diabetes

Bau pada urine bisa jadi gejala diabetes yang tidak terdiagnosis. Gejalanya disertai rasa haus terus menerus, sakit kepala dan keinginan buang air kecil lebih banyak dari biasanya.
 
Terkadang air seni bisa berbau harum karena diabetes dan kadar gula tidak terkontrol. Namun, jika bau urine beraroma manis atau apek, ini mungkin tanda gagal hati.

6. Fistula

Terkadang, bau pada urine bisa akibat hubungan yang tidak normal antara usus dan kandung kemih yang disebut fistula. Ini dapat membuat urine berbau busuk serta menyebabkan infeksi urine berulang.
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi