Cara Menghilangkan Kram saat Haid (Foto: shutterstock)
Cara Menghilangkan Kram saat Haid (Foto: shutterstock)

Cara Menghilangkan Kram saat Haid

Rona tips kesehatan haid
Sunnaholomi Halakrispen • 11 Mei 2019 09:15
Jakarta: Sejumlah wanita merasakan kram ketika haid. Bahkan, tak jarang yang menderita kram luar biasa hingga sakit kepala dan seperti ingin pingsan.
 
Berikut cara tepat dalam menanganinya:
 
1. Air, air, air

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tetap terhidrasi tidak akan mengekang kram Anda secara langsung, tetapi dapat membantu kembung, yang membuat kram terasa lebih buruk. Saat menstruasi Anda datang, simpanlah botol air putih dan masukkan sedikit mint atau perasan lemon untuk mendorong Anda minum.
 
Perkecil garamnya atau tidak lebih dari 2.300 miligram per hari dan hindari alkohol. Cara ini dapat mengeluarkan air kotor dari dalam tubuh Anda.
 
2. Makanan yang membuat nyaman
 
Donat, keripik kentang, dan makanan goreng berlemak lainnya bukan teman yang tepat untuk Anda. Ikuti pola makan rendah lemak dan tinggi serat, seperti biji-bijian, lentil, kacang-kacangan, sayuran, dan buah-buahan. Terutama, sayuran yang berwarna hijau tua.
 
Nutrisi seperti vitamin E, B1, dan B6, serta magnesium, seng, dan asam lemak omega-3, mengurangi zat seperti hormon yang bertanggung jawab atas kram yang menyakitkan. Dengan kata lain, bisa membantu meredakan ketegangan otot dan peradangan.
 
3. Hindari kafein
 
Kafein dapat memperburuk kram, jadi hindari kopi sebelum dan selama haid. Pastikan Anda tidak mengonsumsi minuman yang mengandung kafein, seperti minuman bersoda, minuman berenergi, cokelat, atau teh.
 
Jika Anda membutuhkan minuman di pagi atau tengah hari, cobalah smoothie kecil yang dikemas dengan sayuran.
 
4. Minum pil atau obat khusus
 
Minumlah pil atau obat yang mengandung aspirin, ibuprofen, dan naproxen sodium. Kandungan tersebut dapat mengurangi rasa sakit dan kram secara keseluruhan.
 
Jadikanlah sebagai simpanan yang bisa Anda bawa di dalam tas kecil atau dalam mobil Anda. Supaya, Anda tidak kesulitan mencarinya di saat paling membutuhkannya. Untuk diketahui, ibuprofen dan naproxen juga dapat membantu aliran Anda sedikit lebih ringan.
 
5. Dapatkan kehangatan
 
Dapatkanlah kehangatan. Tidak perlu berhubungan seks, Anda bisa mendapatkan kehangatan dengan metode lain. Gunakan bantalan panas yang dapat dipanaskan dalam microwave.
 
Anda juga bisa menggunakan bungkusan panas khusus untuk kram menstruasi sekali pakai. Banyak toko obat menyediakan beberapa pilihan dan dapat digunakan saat Anda bepergian.
 
6. Bergeraklah
 
Sementara tidak ada banyak bukti yang menekankan bahwa berolahraga menyebabkan nyeri haid semakin parah. Namun, berolahraga bisa melepaskan zat kimia otak yang disebut endorfin.
 
Efeknya, membuat Anda merasa lebih baik. Maka, silakan jalan-jalan, melompat, atau treadmill, atau berenang. Apabila Anda ragu berenang ketika menggunakan pembalut, gunakanlah tampon.
 
7. Pijat
 
Hanya butuh waktu lima menit dalam sehari, lakukan pijatan di area perut Anda. Cara ini dapat meningkatkan aliran darah dan meredakan ketegangan. Maka, membantu Anda merasa lebih baik. Anda bisa mulai memijat perut sebelumd an saat waktu menstruasi.
 
Wanita yang mulai menggosok krim dengan campuran minyak lavender, clary sage, dan marjoram di perut mereka setelah menstruasi mengalami kram lebih sedikit. Sebab, minyak esensial ini memiliki senyawa pembunuh rasa sakit.
 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif