Rasa sakit, iritasi atau ketidaknyamanan di dalam maupun sekitar vagina bisa jadi karena vulvodynia. (Foto: Pexels.com)
Rasa sakit, iritasi atau ketidaknyamanan di dalam maupun sekitar vagina bisa jadi karena vulvodynia. (Foto: Pexels.com)

Kenali Gejala Vulvodynia dan Cara Mengatasinya

Rona kesehatan reproduksi
Torie Natalova • 23 April 2019 16:02
Vulvodynia adalah nyeri vulva persisten yang tidak dapat dijelaskan. Gejala utamanya adalah rasa sakit yang hebat di daerah vulva, dan terkadang terasa hingga area bokong dan paha bagian dalam. Jenis rasa sakit dapat bervariasi pada setiap orang, mulai dari rasa sakit menyengat hingga rasa seperti terbakar.
 

 
Jakarta:
Nyeri kronis yang tidak dapat dijelaskan dalam vulva wanita, dapat berdampak negatif pada seluruh kehidupan Anda. Konsultan ginekolog Dr Alex Eskander menjelaskan, rasa sakit, iritasi atau ketidaknyamanan di dalam maupun sekitar vagina bisa jadi karena vulvodynia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Vulvodynia adalah nyeri vulva persisten yang tidak dapat dijelaskan. Biasanya rasa nyeri bisa terjadi pada labia, lubang vagina dan klotoris pada organ intim wanita.
 
Gejala utamanya adalah rasa sakit yang hebat di daerah vulva, dan terkadang terasa hingga area bokong dan paha bagian dalam. Jenis rasa sakit dapat bervariasi pada setiap orang, mulai dari rasa sakit menyengat hingga rasa seperti terbakar.
 
Kondisi ini bisa disebabkan oleh kerusakan saraf akibat persalinan atau infeksi. Rasa sakit yang kronis dapat berdampak pada kesehatan mental, hubungan dengan pasangan, dorongan seksual, sehingga penting untuk konsultasi dengan dokter.
 
Ada dua jenis vulvodynia yaitu volvodynia umum yang mengacu pada rasa sakit di berbagai daerah vulva di waktu yang berbeda dan bersifat sporadis.
 
Vulvodynia terlokalisasi yaitu rasa sakit di satu area dan sering diperburuk oleh sentuhan atau tekanan seperti berhubungan seksual atau duduk.
 
Kenali Gejala <i>Vulvodynia</i> dan Cara Mengatasinya
(Vulvodynia adalah nyeri vulva persisten yang tidak dapat dijelaskan. Gejala utamanya adalah rasa sakit yang hebat di daerah vulva, dan terkadang terasa hingga area bokong dan paha bagian dalam. Foto: Pexels.com)
 
(Baca juga: Alasan Mengapa Anda Merasa Sakit ketika Melakukan Hubungan Seks)
 
Vulvodynia bisa menjadi masalah kronis jangka panjang yang memengaruhi segalanya, mulai dari duduk hingga hubungan seksual. Namun, ada sejumlah hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu meringankan rasa sakitnya.
 
1. Menghindari menggunakan produk beraroma seperti sabung wangi pada organ intim Anda
2. Kompres dengan air dingin atau es untuk meredakan gejalanya
3. Gunakan celana dalam katun dan pakaian longgar
 
Karena kondisi ini menyerang bagian organ intim wanita paling sensitif, banyak dari mereka yang menunda melakukan pemeriksaan hingga menahan kondisinya dalam waktu yang lama.
 
Sementara, kondisi vulvodynia tidak dapat dibiarkan terlalu lama karena dampaknya meluas hingga kesehatan mental wanita.
 
Untuk mengonsultasikan lebih jauh Anda bisa mendatangi dokter spesialis kebidanan (obstetri dan ginekologi) di beberapa rumah sakit, seperti Rumah Sakit Royal Taruma, Rumah Sakit Pondok Indah, Siloam Hospitals Kebon Jeruk.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif