Ilustrasi-Pexels
Ilustrasi-Pexels

Efek Berpuasa pada Sistem Imun Tubuh

Rona Virus Korona puasa virus corona covid-19 tips berpuasa
Raka Lestari • 11 Mei 2020 12:57
Jakarta: Sejak Pemerintah Indonesia mengumumkan adanya pasien positif pada 2 Maret 2020, jumlah pasien positif masih terus bertambah. Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masih diberlakukan untuk mengurangi penyebaran covid 19.
 
Saat ini pandemi covid-19 berbarengan dengan bulan Ramadan, di mana umat muslim menjalankan ibadah puasa. Pada saat puasa di masa covid-19, orang tetap harus waspada terhadap penularan penyakit.
 
"Sehingga dari segi ibadah, sekarang juga dibatasi. Jadi, kita memang harus lebih meningkatkan lagi daya tahan tubuh," kata Dokter Spesialis  Paru Dr. dr. Erlina Burhan, M.Sc, Sp.P(K).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Walaupun memang menurut Dr. Erlina bahwa puasa tidak terlalu berefek pada ketahanan tubuh atau sistem imun karena orang tetap makan dan minum. Perbedaannya adalah pada waktu makan dan minumnya.
 
Dalam bulan puasa orang tidak bisa makan sepanjang waktu Namun hanya bisa makan di malam hari, sejak saat buka puasa sampai dengan saat sahur.
 
Oleh karena itu, upaya pencegahan pada masa covid-19 termasuk di bulan Ramadan ini dan pandemi tidak berbeda, yaitu antara lain, dengan social distancing, physical distancing, pakai masker, cuci tangan, kemudian hidup bersih dan sehat.
 
Hidup sehat artinya makan teratur, mengonsumsi nutrisi yang baik, jangan begadang, tidak merokok, dan lainnya. Virus ini harus dilawan dengan imunitas yang baik dan nutrisi yang baik itu akan meningkatkan sistem imun.  
 
Nutrisi sangat penting untuk meningkatkan sistem imun, sehingga jangan sampai kekurangan nutrisi. Kita tidak tahu apakah makanan kita ini seimbang atau tidak.
 
"Kalau vitamin biasanya kita dapat dari sayur dan buah-buahan. Namun kadang anak-anak tidak suka makan sayur. Nah, mungkin ada baiknya diberikan juga multivitamin atau suplemen," tutup Dr. Erlina.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif