Ilustrasi (Medcom.id/Mohammad Rizal)
Ilustrasi (Medcom.id/Mohammad Rizal)

Waspada, Ini Ciri Anda Mengalami Gagal Jantung Kongestif

Rona jantung tips kesehatan penyakit jantung
Rendy Renuki H • 26 Maret 2021 14:44
Jakarta: Gagal jantung kongestif merupakan kondisi kegagalan jantung memompa pasokan darah. Penyakit itu timbul karena adanya kelainan struktur dan fungsi jantung.
 
Dampak gagal jantung kongestif bisa sangat berbahaya, karena dapat memicu kegagalan fungsi organ tubuh lainnya. Hingga berujung jantung yang mendadak berhenti dan menyebabkan kematian.
 
Gagal jantung merupakan kumpulan gejala atau syndroma klinis. Hal yang biasa dialami adalah mudah lelah, mudah sesak napas, batuk, dan sering ke kamar mandi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jika sudah tahap akhir, saat berbaring pun merasa sesak. Jika tidak ditangani, berkomplikasi menjadi hipertensi atau stroke," kata dr. Evi Supriadi, Sp.JPD, spesialis jantung Siloam Hospitals Jambi, dikutip, Jumat 26 Maret 2021.
 
Pada saat ini, dalam beberapa kasus banyak ditemui penyakit jantung tidak hanya terjadi di usia 40 tahun ke atas. Bahkan ada pada usia menengah, yaitu sekitar 30 tahun.
 
"Dengan mengetahui gejala awal, sepatutnya segera periksakan diri ke dokter agar terhindar dari komplikasi penyakit gagal jantung," lanjut Evi.
 
Gejala jantung pun mempunyai empat kelas. Diawali Kelas 1, di mana penderita masih bisa beraktivitas seperti orang normal.
 
Sedangkan Kelas 2, pasien akan mulai terganggu saat beraktivitas. Jika sudah mulai merasakan sesak dan lelah saat beraktivitas, ciri itu masuk ke dalam Kelas 3.
 
Sementara untuk ciri Kelas 4 atau yang terparah, pasien sudah tidak bisa beraktivitas sama sekali, hanya berbaring dengan kondisi sesak dan lelah.
 
"Jadi obat paling mujarab adalah dengan mencegah, sebisa mungkin hindari bagaimana supaya kita tidak berhubungan dengan obat-obatan," tutup Evi.
 
(ACF)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif