Ilustrasi-Pexels
Ilustrasi-Pexels

Pentingnya Bergerak bagi Kesehatan

Rona tips kesehatan
Sunnaholomi Halakrispen • 05 Desember 2019 07:00
Jakarta: Bergerak memicu keluarnya keringat dari dalam tubuh. Jika dilakukan secara rutin, efeknya bukan hanya membuat badan menjadi kurus, tapi terlebih pada kesehatan tubuh.
 
"Manfaat aktivitas fisik itu besar banget. meningkatkan kebugaran jasmani dan mengontrol berat badan," ujar Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga Kementerian Kesehatan RI, drg. Kartini Rustandi, dalam Kampanye Gerak Tak Terbatas dan Aplikasi Gerak 2.0 dari Rexona, di M Bloc Live House, Jakarta Selatan, Rabu, 4 Desember 2019.
 
Ia menekankan bahwa bergerak tidak selalu membuat badan selalu menjadi kurus. Tapi bukan berarti tidak bisa menjadi solusi untuk menurunkan berat badan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, bergerak juga bermanfaat baik untuk menurunkan risiko tidak menular. Terlebih ketika dalam aktivitas keseharian terlalu lama duduk dan makan makanan yang tidak sehat, maka akan mudah terkena penyakit tidak menular.
 
Sementara itu, berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018, masyarakat Indonesia yang melakukan aktivitas fisik tidaklah banyak jumlahnya. Padahal, kata drg. Kartini, kurangnya aktivitas fisik dapat memperbanyak risiko terpapar penyakit.
 
Produktivitas manusia pun sehari-hari bisa semakin menurun. Bahkan, berdasarkan data WHO, pola hidup yang kurang aktif dinyatakan sebagai salah satu dari 10 penyebab kematian terbesar di dunia.
 
"Untuk itu, bergerak dengan aktif adalah hal yang penting dan mendasar untuk kita terapkan sehari-hari guna menunjang kesehatan dan produktivitas," paparnya.
 
Mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa, serta semua kalangan, wajib bergerak untuk menunjang kualitas kesehatan tubuh. Pada anak-anak, pertumbuhan tulang, otot, jantung, dan paru, dipengaruhi oleh gerak kasar dan halusnya swhari-hari.
 
"Harus 4L, lompat, lempar, loncat dan lari. Aktivitas fisik ini membantu kepadatan tulang. Berlaku untuk semua orang, terutama untuk anak-anak," pungkasnya.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif