Me time untuk para ibu bisa dilakukan di rumah dengan berbagai hal yang sederhana, dengan memakai masker kecantikan misalnya. (Foto: Pexels.com)
Me time untuk para ibu bisa dilakukan di rumah dengan berbagai hal yang sederhana, dengan memakai masker kecantikan misalnya. (Foto: Pexels.com)

Aneka Me Time untuk Ibu di Rumah

Rona psikologi
Yatin Suleha • 13 Juli 2020 11:00
Jakarta: Tak hanya Anda dan keluarga, hampir di lebih dari 200 negara di dunia merasakan hal yang sama, yaitu work from home, tinggal di rumah, dan anak-anak pun mulai akrab dengan belajar dari rumah yang dilakukan secara daring. 
 
Baru-baru ini, pemerintah sudah memutuskan bahwa 94 persen peserta didik yang tinggal di zona kuning, oranye dan merah, masih harus belajar dari rumah. Waktu liburan sekolah sudah hampir selesai dan anak-anak akan mulai disibukkan dengan kegiatan belajar. 
 
Kesibukan si kecil belajar dari rumah juga menambah kesibukan para ibu. Selain mengurus rumah, wfh, Anda kembali perlu mengawasi kegiatan belajar si kecil. Termasuk membuatnya tetap giat dan semangat selama belum boleh keluar rumah untuk bermain dengan teman-temannya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sudah naluri seorang ibu untuk memberikan yang terbaik bagi keluarganya. Waktu 24 jam kadang terasa kurang untuk menyelesaikan semua pekerjaan di rumah, wfh, menemani anak belajar dan masih banyak lagi. Hal ini bisa saja membuat Anda lupa untuk meluangkan waktu berharga bagi diri sendiri.
 
Dan, tidak ada salahnya jika Anda menyempatkan untuk diri sendiri alias 'me time'. Walau kadang sulit, sempatkanlah waktu untuk diri Anda sendiri tak perlu lama, mungkin 10-15 menit seperti yang disarankan oleh PT Greenfields Indonesia di bawah ini:

1. 15-minutes Yoga

Selain baik untuk kesehatan fisik, yoga juga baik untuk kesehatan mental. Yoga meningkatkan kesadaran tubuh, mengurangi stres, menenangkan saraf dan membantu untuk tidur lebih nyenyak.  

2. Membaca buku

Membaca buku adalah cara terbaik untuk menenangkan diri, bahkan lebih baik dari berjalan dan mendengarkan musik. Hanya dengan membaca selama enam menit, Anda sudah bisa merasa lebih tenang dan rileks.  

3. Manjakan diri

Selama me-time, manjakan diri Anda dengan mandi busa menggunakan sabun dengan aroma yang wangi dan menenangkan. Lakukan manicure di rumah agar kuku Anda terlihat lebih cantik dan gunakan masker wajah untuk membuat kulit Anda lebih segar. 

4. Memasak

Memasak adalah aktivitas yang sangat menenangkan dan merupakan cara untuk mengurangi stres, bahkan sebuah wujud terapi. Memasak adalah aktivitas yang memberikan rasa kepuasan dan pencapaian serta dapat membuat orang lain merasa senang.
 
Selain itu, memasak hidangan-hidangan yang sehat juga dapat meningkatkan hormon serotonin yang membuat kita merasa senang. Hormon serotonin berperan sebagai neurotransmiter, yaitu pengantar sinyal antarjaringan saraf, tentunya ini memengaruhi suasana hati.
 

(TIN)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif