Gisella Anastasia berbagi tips dampingi Gempi belajar di rumah. (Foto: Dok. Instagram Gisella Anastasia/@gisel_la)
Gisella Anastasia berbagi tips dampingi Gempi belajar di rumah. (Foto: Dok. Instagram Gisella Anastasia/@gisel_la)

Tips Mendampingi Anak Belajar di Rumah ala Gisella Anastasia

Rona Gisella Anastasia belajar di rumah
Sunnaholomi Halakrispen • 24 Mei 2020 09:00
Jakarta: Gisella Anastasia selaku public figure sekaligus orang tua harus mendampingi anak selama virtual schooling atau sekolah di rumah. Sebab, untuk menekan penyebaran virus korona baru di tengah pandemi covid-19 kali ini.
 
Gisel, sapaannya, pun menceritakan cara dia mendampingi sang buah hati, Gempita Nora Marten. Melakukan virtual schooling ini pun merupakan pengalaman kali pertama baginya.
 
"Masa virtual schooling ini memang benar-benar menyadarkan saya bahwa saya perlu mengenal gaya belajar Gempi. Selama ini perkembangan Gempi di sekolah sudah sangat baik yang tentunya tidak lepas dari peranan para guru," ujar Gisel dalam video conference.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menceritakan bahwa sekolah Gempi memakai metode STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts dan Mathematics). Maka untuk mengembangkan proses belajar sang buah hati, Gisel menerapkan metode yang sama dengan apa yang dipakai sekolah.
 
"Misalnya kemarin dia (Gempi) diajarin daur ulang dan tugasnya membuat mainan, jadi mereka suka karena seru. Aku sebagai orang tua tugasnya ya mengembangkan lagi saja. Kadang-kadang 1-2 step yang dipelajari dari guru aku ulangi. Terkadang aku kasih tantangan yang lebih dari apa yang dipelajari itu," ucapnya.
 
Setelah memerhatikan si kecil menyukai suatu materi pelajaran, terlihat excited atau bahagia dan tidak tertekan, Gisel memberikan tantangan pada Gempi. Misalnya, dengan memberikan tugas yang satu level lebih sulit, dan Gempi menikmatinya karena sudah merasa senang dengan materi itu.
 
"Misalnya lagi belajar soal apa, next dia lebih gampang. Banyak cara yang bisa dikembangin. Tapi tergantung, karena setiap anak kan beda-beda ya," paparnya.
 
Ia pun mengaku mengalami kesulitan dalam mendampingi Gempi menjalani virtual schooling, yakni tentang mengontrol emosi. Sebab, saat di rumah di tengah pandemi covid-19, Gisel harus memposisikan dirinya sebagai ibu sekaligus pengajar, sabar bukanlah hal yang mudah.
 
"Sampai sekarang memang masih struggling harus sabar kayak guru-guru di sekolah Gempi tuh sabar banget. Kalau anaknya kayak gimana, mereka jawabnya tetap pakai senyum. Kita sebagai Mama sendiri tuh suka susah menahan diri dan emosi," akunya.
 
Namun, hal tersebut dilaluinya dan semakin terbiasa secara perlahan. Sambil mengikuti sistem pengajaran yang diterapkan sekolah, ia merasa tidak terlalu terbebani mengajari anak di rumah. Apalagi Gempi telah memahami bahwa sang Mama terbilang galak saat mengajarinya dibandingkan para guru di sekolahnya.
 
"Cara mengatasinya harus banyak belajar sabar dan ingat kalau dia anak kecil yang kita hadapi. Masih teratasi sih karena Gempi sudah aku bilang di awal kalau Mama ngajarinnya galak jadi kamu (Gempi) harus nurut dibanding biasanya di sekolah," tuturnya.
 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif