Sesekali pergi ke luar rumah seperti ke restoran dengan membawa bayi yang masih sangat kecil bisa saja dilakukan selama Anda melakukan pencegahan. (Foto: Pexels.com)
Sesekali pergi ke luar rumah seperti ke restoran dengan membawa bayi yang masih sangat kecil bisa saja dilakukan selama Anda melakukan pencegahan. (Foto: Pexels.com)

Tips Membawa Newborn Pergi Keluar Rumah

Rona keluarga
Raka Lestari • 04 Juni 2019 13:35
Andrew Bernstein, MD, FAAP, Assistant Professor of Pediatrics di Northwestern University Feinberg School of Medicine mengatakan sesekali pergi ke luar rumah seperti ke restoran dengan membawa bayi yang masih sangat kecil bisa saja dilakukan, selama Anda melakukan pencegahan-pencegahan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan pada bayi. 
 
 
Jakarta:
Bayi yang baru lahir atau biasa disebut newborn membutuhkan penanganan yang lebih ekstra mengingat bayi yang baru lahir tersebut umumnya masih sensitif sehingga bisa sangat mudah terkena infeksi atau bakteri dari lingkungan sekitarnya.
 
Untuk itulah, para orang tua perlu memastikan keamanan dari lingkungan sekitar agar tidak membahayakan bagi para bayi yang baru lahir tersebut. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Salah satu kendala yang mungkin banyak dialami oleh para orang tua yang memiliki bayi yang baru lahir adalah keinginan untuk bisa membawa bayi mereka tersebut ke luar rumah, misalnya ke mal namun tetap mengutamakan keamanan bagi mereka yang masih sangat sensitif tersebut. 
 
"Meskipun terlihat aman untuk membawa bayi yang baru lahir ke luar rumah, sebenarnya mereka memiliki risiko tinggi untuk terkena infeksi serius ketika melakukan kontak dengan orang lain selama dua atau tiga bulan pertama kehidupannya sebelum mereka mendapatkan imunisasi pertamanya," kata Andrew Bernstein, MD, FAAP, Assistant Professor of Pediatrics di Northwestern University Feinberg School of Medicine. 
 
Tips Membawa <i>Newborn</i> Pergi Keluar Rumah
(Sesekali pergi ke luar rumah seperti ke restoran dengan membawa bayi yang masih sangat kecil bisa saja dilakukan, selama Anda melakukan pencegahan-pencegahan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan pada bayi. Foto: Pexels.com)
 
Ia juga menambahkan, "Selain itu pada usia tersebut, lebih sulit untuk menentukan apakah mereka terkena demam atau virus ringan, atau mereka mengalami sesuatu yang lebih serius seperti meningitis atau infeksi darah." 
 
Namun, itu tidak berarti Anda harus mengisolasi diri sendiri dan bayi Anda selama berbulan-bulan. Sesekali pergi ke luar rumah seperti ke restoran dengan membawa bayi yang masih sangat kecil bisa saja dilakukan selama Anda melakukan pencegahan-pencegahan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan pada bayi. 
 
"Saya biasanya membolehkan orang tua untuk membawa bayi mereka yang baru lahir selama tempat tersebut bukanlah tempat yang ramai, dan selama orang asing tidak diperbolehkan menyentuh atau berada terlalu dekat dengan bayi," ujar Dr Bernstein.
 
Untuk meminimalkan risiko bayi terkena infeksi saat pergi ke luar rumah, menurut Parents bisa melakukannya dengan pergi lebih awal, misalnya jika Anda ingin pergi makan malam bisa dilakukan pada jam lima sore. 
 
Kemudian usahakan bayi sudah merasa kenyang sebelum pergi sehingga bayi bisa tidur ketika Anda menikmati makan malam. Dan juga bisa memberikan bayi selimut yang tertutup untuk mencegah mereka dari orang asing, namun tetap pastikan bahwa bayi Anda mendapat aliran udara yang cukup.  
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif