Manusia adalah makhluk sosial, dan tanpa interaksi sosial, kita mulai mengalami efek samping negatif. (Foto Ilustrasi: Simon Migaj/Unsplash.com)
Manusia adalah makhluk sosial, dan tanpa interaksi sosial, kita mulai mengalami efek samping negatif. (Foto Ilustrasi: Simon Migaj/Unsplash.com)

Empat Cara Ampuh Mengatasi Rasa Kesepian

Rona keluarga
Raka Lestari • 25 Desember 2018 15:23
Jakarta: Manusia adalah makhluk sosial, dan tanpa interaksi sosial, kita mulai mengalami efek samping negatif. Kesepian bisa membuat stres dan berbahaya bagi kesehatan Anda.

Penelitian telah menunjukkan bahwa perasaan kesepian dapat memiliki efek jangka panjang pada otak, sistem kekebalan tubuh, dan aspek kesehatan lainnya. Namun terkadang, kesepian tidak bisa dihindari.

Misalnya jika Anda baru saja pindah ke tempat baru, atau memulai pekerjaan baru, mungkin perlu sedikit waktu untuk kembali ke tingkat sosialisasi sebelumnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Lalu bagaimana sebaiknya cara mengatasi kesepian? Dikutip dari Bustle, berikut ini adalah beberapa cara untuk mengusir rasa kesepian Anda: 1. Menjadi Relawan
Berbagai penelitian telah menemukan bahwa menjadi sukarelawan di tempat-tempat umum dapat mengurangi tingkat kesepian. Selain itu menjadi sukarelawan pada suatu kegiatan merupakan cara untuk bertemu dan berhubungan dengan orang lain.

Satu studi baru-baru ini menemukan bahwa, untuk orang dewasa yang lebih tua khususnya, dengan bergabung dalam sebuah komunitas merupakan cara yang sangat baik untuk mengurangi kesepian.

2. Meditasi
Sebuah studi pada 2012 silam mengamati praktik meditasi pada orang dewasa yang lebih tua dan mengalami kesepian. Dalam penelitan itu menemukan bahwa hal tersebut tampaknya dapat membantu. Menurut para peneliti, teknik meditasi ini dapat mengurangi rasa kesepian dan hal-hal yang berhubungan dengan inflamasi pada orang dewasa lanjut usia.

3. Memelihara Hewan
Memiliki hewan peliharaan dianggap dapat mengurangi rasa kesepian. Sebuah studi yang dilakukan pada 2012 lalu menunjukkan bahwa mahasiswa, yang mungkin sering merasa terisolasi dan kesepian dalam lingkungan sosial, menunjukkan gejala kesepian yang lebih rendah setelah memelihara hewan untuk beberapa waktu.

4. Merawat Tubuh Sendiri
Para ilmuwan menemukan bahwa dengan merawat tubuh sendiri dapat sangat membantu untuk mengurangi rasa kesepian. Sebuah studi pada 2017 kemarin menemukan bahwa bepergian dan makan malam dapat memberikan 'manfaat terapeutik' yang signifikan dengan memperbaiki perasaan kesepian.

Journey to Ciletuh Geopark (1)



(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi