Ada beberapa trik cepat dan muda untuk membantu melembutkan mentega. (Foto: Pexels.com)
Ada beberapa trik cepat dan muda untuk membantu melembutkan mentega. (Foto: Pexels.com)

Empat Cara Cepat dan Mudah Melunakkan Mentega

Rona tips dan trik teknologi
Anda Nurlaila • 16 April 2019 11:59
Ada empat cara untuk melunakkan mentega yang keras. Pertama potong kecil. Semakin kecil bagiannya, semakin cepat mencapai suhu kamar. Kedua dengan rolling pin, gulung atau tumbuk mentega sampai rata. Dimikser. Cara ini dinilai lebih santai dan cocok bagi Anda yang sedang tidak terburu-buru.
 

 
Jakarta:
Anda yang akan membuat resep kue dengan bahan mentega, namun ternyata masih keras memang merepotkan. Atau resep kue hanya membutuhkan mentega satu atau dua sendok, namun ukuran mentega  masih besar dan beku.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jangan khawatir, ada beberapa trik cepat dan muda untuk membantu melembutkan mentega itu dan mulai membuat kue.
 
Seperti dikutip dari Readers Digest, mentega beku yang dibiarkan dalam suhu kamar membutuhkan waktu setidaknya 45 menit untuk melunak. Jika bahan-bahan sudah disiapkan sebelumnya, hal tersebut tidak masalah. Namun jika membuat kue tanpa persiapan, ada bisa melakukan beberapa trik berikut:

1. Metode 1: Cukup cepat

Potong-potong mentega berbentuk kubus
 
Cara pertama paling mudah. Cukup dengan memotong mentega menjadi kubus. Semakin kecil bagiannya, semakin cepat mencapai suhu kamar.
 
Potong mentega menjadi dua bagian. lalu potong lagi sehingga jadi empat bagian, tumpuk dan potong dalam bentuk yang lebih kecil. Mentega akan melunak dalam waktu 15 menit.  ]
 
Sambil menunggu mentega melunak, Anda bisa menyiapkan bahan-bahan lainnya. Diparut. Mentega akan berukuran lebih halus seukuran keju mozzarella yang dicacah.
 
(Baca juga: Ada Mentega Rasa Kopi di Jepang)
 
Empat Cara Cepat dan Mudah Melunakkan Mentega
(Mentega beku yang dibiarkan dalam suhu kamar membutuhkan waktu setidaknya 45 menit untuk melunak. Foto: Pexels.com)

2. Metode 2: Lebih cepat

Menggulung mentega dengan rolling pin
 
Metode kedua membutuhkan lebih banya tenaga, namun mentega akan melunak lebih cepat. Dengan rolling pin, gulung atau tumbuk mentega sampai rata.
 
Gulung ke samping dan ke bawah, gesekan akan menghangatkan mentega. Permukaan mentega yang meluas akan membantu mentega melunak lebih cepat.
 
Agar tidak berantakan, gulung mentega di antara dua lembar plastik atau kertas berlilin. Ini akan mencegah mentega menempel di meja.

3. Metode 3: Super Cepat

Parut mentega di parutan keju
 
Metode terakhir, memarut memang lebih membutuhkan tenaga dan namun yang tercepat. Buka sebagian mentega, pegang bagian yang masih dibungkus agar tangan tetap bersih. Lalu parut menggunakan parutan terbesar.
 
Mentega akan berukuran lebih halus seukuran keju mozzarella yang dicacah. Mentega akan lebih cepat lunak dan siap dipakai membuat resep kue.

4. Metode 4: Cara santai

Jika membuat kue dengan santai, masukkan mentega dan gula dalam mangkuk mikser duduk. Mulailah memikser dengan kecepatan rendah dahulu.
 
Kecepatan tinggi dapat membuat mentega terlontar keluar mangkuk. Secara perlahan, tingkatkan kecepatan agar mentega menghangat dan lembut serta proses aerasi (proses penambahan udara atau oksigen)  krim terjadi.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif