Berbicara secara pribadi dengan anak sangat penting untuk memanfaatkan motivasi intrinsik anak. (Foto Ilustrasi: Pixabay/Pexels)
Berbicara secara pribadi dengan anak sangat penting untuk memanfaatkan motivasi intrinsik anak. (Foto Ilustrasi: Pixabay/Pexels)

Enam Cara Jitu Menumbuhkan Motivasi Anak

Rona tumbuh kembang anak
Anda Nurlaila • 16 Mei 2019 12:47
Saat tumbuh kembangnya, anak butuh motivasi dari orang tua. Namun kadang, ada beberapa kendala yang dialami orang tua. Kendati demikian, ada beberapa cara jitu untuk menumbuhkan motivasi mereka.
 
Jakarta: Meyakinkan anak-anak untuk melakukan hal-hal yang tidak mereka inginkan dapat menjadi tantangan bagi orang tua. Meminta mereka berhenti melakukan hal-hal yang tidak diinginkan bahkan lebih sulit lagi.
 
Jangan khawatir, Ayah dan Bunda. Kepada Parents, para ahli memberikan kunci hal-hal yang dapat memotivasi maupun yang tidak memotivasi anak meningkatkan perilaku mereka.

Pertimbangkan kembali pemberian hadiah

Jika anak terbiasa diberi hadiah saat melakukan hal-hal yang diinginkan orang tua, dia akan melakukannya hanya jika ingin hadiah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Psikolog dan penasihat Orangtua Eileen Kennedy-Moore, mengatakan, penelitian menunjukkan efek positif hadiah berumur pendek. Meski berguna dalam waktu singkat, imbalan tidak akan membangun karakter anak.
 
Buat anak merasakan kepuasan saat mempelajari keterampilan baru. Selain lebih percaya diri, ia akan merasa bahagia dan terinspirasi dengan keterampilan barunya.
 
"Saat anak senang memiliki kemampuan baru ia akan terus melakukannya. Mungkin sulit membujuknya berhenti," ungkap Kennedy-Moore.

Lakukan percakapan

Berbicara secara pribadi dengan anak sangat penting untuk memanfaatkan motivasi intrinsik anak. Anak-anak secara alami ingin tahu. Ajak mereka memahami mengapa sesuatu perlu dilakukan lebih menarik bagi kecerdasan mereka.
 
Setelah anak membersihkan kamar, tunjukkan bahwa kamar yang rapi dan teratur lebih indah dan nyaman. Jika anak menolak, ajak bicara dan tanyakan kapan dia bisa melakukannya. Hindari menggunakan kata "harus". Tawarkan bantuan jika anak membutuhkannya.

Rangkul ketidaksempurnaan mereka

Anak akan menikmati tugas tertentu jika orang tua melonggarkan standar tentang seberapa baik dan cepat pekerjaan mereka. Fokus pada kenyataan anak mengangkat selimut dari lantai, daripada ia menggantungnya tidak rata.
 
Enam Cara Jitu Menumbuhkan Motivasi Anak
 
Pujilah usahanya. Pastikan anak mendapatkan pekerjaan yang mereka sukai. Jika pekerjaan tidak mereka sukai, gunakan sedikit kreativitas agar membuatnya menarik. Seperti berlomba dengan ayah ke tempat tidur atau menggunakan boneka saat meminta anak merapikan dan membersihkan sepatu.
 
Beri anak pilihan, sikat gigi sebelum mandi atau sesudahnya. Ini memberi anak perasaan otonomi, komponen penting dalam memanfaatkan motivasi internal.

Pertimbangkan kemampuan anak

Hukuman dan imbalan sulit diterapkan jika anak tidak mau melakukan hal yang orang tua ingin mereka kerjakan. Sebaliknya, perasaan menguasai seperti saat pertama kali anak dapat menulis namanya, memainkan lagu pada piano membuatnya sangat termotivasi.
 
Jika anak menolak melakukan sesuatu, pikirkan apakah dia tidak memiliki keterampilan atau masalah belajar sehingga menolak permintaan Anda. Ajak anak bicara mengenal kesulitan yang dia hadapi.

Apresiasi

Puji anak saat ia berhasil bangun setelah alarm berbunyi dan bersiap ke sekolah sendiri. Pastikan memberi tahu anak bahwa Anda menghargai upayanya dan Anda senang ia tak perlu terburu-buru berangkat sekolah.
 
Enam Cara Jitu Menumbuhkan Motivasi Anak
 
"Anak-anak ingin menyenangkan orang tua mereka. Rasa terkoneksi akan sangat memotivasi." kata Kennedy-Moore.
 
Tetapi berhati-hati saat memuji. Fokus pada upaya dan perkembangan daripada hasil.

Beri contoh

Sederhana saja, jika ingin anak akur dengan saudaranya, daripada menawarkan permen atau imbalan lain, cobalah perbaiki cara menyelesaikan konflik Anda bersama pasangan.
Menyelesaikan masalah dengan penuh kasih membantu anak mengingat perilaku mereka.
 
Pastikan untuk mengatakan "tolong" dan "terima kasih".  Anda meminta waktu "sebentar" saat menelepon dan akhirnya menjadi setengah jam. Artinya Anda mengajari anak dia dapat mengingkari janji dan tidak ada masalah. Katakan dengan sungguh-sungguh maksud Anda, dan beri contoh.
 
Cerdas Menjaga Tumbuh Kembang Si Kecil

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif