Baked-Minton, Hobi Baru Huang Hua Berpeluang Usaha

Cecylia Rura 26 September 2018 09:00 WIB
Huang Hua
<i>Baked</i>-<i>Minton</i>, Hobi Baru Huang Hua Berpeluang Usaha
Gantung raket bukan berarti menghentikan Huang Hua tidak menekuni hobi lain. Selama 23 tahun, Huang Hua menghabiskan waktu dengan berbagai aktivias, salah satunya membuat kue dan bakpao. (Foto: Dok. Tjandra Budi Darmawan)
Jakarta: Gantung raket bukan berarti menghentikan Huang Hua tidak menekuni hobi lain. Usai dipersunting Tjandra Budi Darmawan, Huang Hua sempat bertandang ke Amerika Serikat untuk menekuni studi bahasa Inggris.

Sementara Tjandra menekuni sekolah penerbangan. Setelahnya, mereka memutuskan tinggal di Klaten, Jawa Tengah.

Selama 23 tahun, Huang Hua menghabiskan waktu dengan berbagai aktivias, salah satunya membuat kue dan bakpao.


"Di daerah sini banyak teman-teman sudah pernah makan bakpao saya dan bilang enak. Terus mendorong saya berpikir, kalau begitu mengisi waktu luang bisa bikin bakpao dan kirim ke teman-teman," kata Huang saat dihubungi Medcom.id, Jumat, 21 September 2018.

Rencana membuat usaha bakery ini sudah dimulai sejak setengah tahun lalu. Namun, baru benar-benar dimulai sejak minggu lalu. Untuk pendistribusian, Huang masih menjajakan kue buatannya ke beberapa rekan di Klaten, Solo dan Yogyakarta.

(Baca juga: Awal Mula Huang Hua Legenda Bulu Tangkis Tiongkok Memutuskan Pindah ke Klaten)

Menariknya, brand usaha Huang Hua terinspirasi dari badminton.

"Toko roti yang kasih nama anak saya. Anak saya kasih nama Baked-minton," ucap Huang dengan nada riang.

"Saya pingin punya sedikit kegiatan, kadang saya juga di Klaten coaching badminton kecil-kecilan di Klaten sini. Tapi enggak sering. Selain itu, saya cari kegiatan kayak buat bakpao di rumah. Terus anak saya bilang, 'bakpao mama enak, mau dibuatkan kayak bakery?' Saya bilang ya bolehlah. Itu anak saya yang memikirkan Baked-Minton, jadi ada hubungannya dengan badminton," paparnya.

Di samping itu, Huang sesekali pulang kampung menemui keluarga dan sahabat. 

"Saya banyak kegiatan ke luar negeri, teman-teman saya kalau ada pertandingan besar seperti world championship di China ada pertandingan besar sering kumpul eks pemain China. Saya justru banyak ke luar negeri. Soalnya teman saya semua di China. Sekarang banyak di Singapura. Saya sering ke luar negeri enggak selalu di rumah," katanya.

Meski perlahan mencoba merambah dunia usaha, Huang Hua tidak akan pernah move on dari badminton.

"Mungkin enggak pingin move on juga karena badminton sudah mendarah daging," pungkasnya.





(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id