Beberapa hal ini harus Anda perhatikan ketika pindah rumah. (Foto: Pexels.com)
Beberapa hal ini harus Anda perhatikan ketika pindah rumah. (Foto: Pexels.com)

Beberapa Kesalahan Terbesar Ketika Pindah Rumah

Rona tips & trik
Kumara Anggita • 18 November 2019 18:51
Jakarta: Berpindah rumah bukanlah hal yang mudah karena banyak kondisi yang perlu dipertimbangkan. Banyak orang menyepelekannya dan tanpa sadar melakukan kesalahan yang dampaknya merugikan sekali.
 
Untuk itu, ada beberapa kesalahan terbesar yang sering dialami oleh orang yang berpindah yang bisa dijadikan referensi agar hal buruk tak terjadi kepada Anda. Berikut kesalahan-kesalah tersebut yang dilansir dari Better Homes and Gardens.

Anda mengerjakannya sendiri

Berpindah rumah adalah hal yang sangat rumit karena Anda membutuhkan perencanaan awal yang baik dan detail. Ada banyak potensi x-faktor misalnya kerusakan pada barang-barang rumah tangga, hingga biaya bahan bakar yang tidak terduga. Pada akhirnya, gerakan do-it-yourself mungkin tidak semurah atau semenyenangkan yang Anda kira.

Anda lupa jam macet

Perlu diingat bahwa ada kemacetan yang terjadi pada jam-jam tertentu. Beri diri Anda waktu yang cukup  sekitar tiga hingga empat bulan sebelum hari perpindahan yang dijadwalkan untuk persiapan.

Anda tidak memahami perkiraan harga

Anda harus tahu harga pastinya untuk mengangkut barang. Tak ada salahnya jika Anda mencarinya di beberapa tempat.
 
Beberapa Kesalahan Terbesar Ketika Pindah Rumah
(Berpindah rumah adalah hal yang sangat rumit karena Anda membutuhkan perencanaan awal yang baik serta detail. List barang-barang berharga dan tak berharga Anda supaya tidak lupa. Foto: Unsplash.com)

Lupa punya peliharaan

Kunjungi dokter hewan  sebelum berpindah untuk memastikan hewan peliharaan Anda. Jika hewan peliharaan akan bepergian dengan pesawat terbang atau mobil dalam jarak jauh, tanyakan tentang rekomendasi perjalanan, kandang portabel, dan obat mabuk perjalanan. Pastikan Anda membawa semuanya dan tidak ada yang tertinggal

Lupa kebutuhan tanaman

Jika pemindahan tanaman dimasukkan dalam daftar, periksa apakah butuh ruang lebih di truk. Jika ternyata Anda tidak dapat memindahkannya, donasikanlah ke teman-teman, tetangga, atau saudara.

Tidak membersihkan rumah

Ada banyak hal di rumah yang belum digunakan selama bertahun-tahun. Rencanakan akhir pekan untuk memilah-milah barang yang dapat digunakan kembali, didaur ulang atau bahkan disingkirkan  bersama setiap anggota keluarga.

Tidak mengemas alat-alat penting

Orang pindahan yang pintar pasti memastikan bahwa mereka memiliki perlengkapan penyelamat pribadi seperti gunting, obeng, buku alamat Anda, senter. Jangan lupa bawa peta kota yang baru kamu masuki, perlengkapan mandi, makanan anjing, pembuka kaleng, sabun, kopi, kertas toilet, dan obat-obatan yang diperlukan untuk seluruh keluarga. Ingatlah untuk memiliki cukup uang tunai.

Tidak melihat daftar inventaris dan memeriksanya dua kali

Daftar inventaris sangat penting. Ini adalah cara Anda untuk memeriksa bahwa segala sesuatu dari rumah pertama telah dikemas sebagaimana mestinya dan naik ke truk. Telitilah dokumen inventaris sebelum Anda pergi. Pastikan Anda memahami proses untuk mengajukan klaim barang-barang yang hilang jika perlu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif