Sebagai orang tua ada hal yang bisa Anda lakukan untuk membantu anak Anda berteman dengan anak-anak lainnya. (Foto: Pexels.com)
Sebagai orang tua ada hal yang bisa Anda lakukan untuk membantu anak Anda berteman dengan anak-anak lainnya. (Foto: Pexels.com)

Cara Membantu Anak Bersosialisai

Rona manfaat anak bersosialisasi
Raka Lestari • 11 Juli 2019 15:43
Salah satu manfaat dari bersosialisasi adalah membantu membentuk kepribadian anak. Menurut Dr Dafne Milne, PhD, seorang psikolog klinis di New York bergabung dengan anak Anda dalam situasi sosial atau pada saat anak Anda mencoba aktivitas baru juga dapat membantu mereka membangun rasa percaya diri yang dibutuhkan saat bertemu teman baru.
 
 
Jakarta:
Ketika sedang mengajak anak Anda bermain di taman, beberapa orang tua mungkin merasa khawatir apakah anak Anda bisa bersosialisasi dengan baik atau tidak, atau bisakah mereka berteman dengan anak-anak lainnya dengan baik ataukah tidak. Rasa khawatir tersebut sangat normal dialami oleh para orang tua ketika membawa anak mereka di taman bermain atau fasilitas publik lainnya. 
 
Untungnya, sebagai orang tua ada hal yang bisa Anda lakukan untuk membantu anak Anda berteman dengan anak-anak lainnya. "Memberikan contoh merupakan cara paling efektif untuk membantu anak mencoba hal-hal baru dan bertemu dengan orang baru," ujar Dr Dafne Milne, PhD, seorang psikolog klinis di New York. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Memberikan contoh bagaimana bersosialisasi menunjukkan kepada mereka bahwa berteman dan berbagi dengan orang lain merupakan sesuatu yang normal." 
 
Menurut Dr Milne, bergabung dengan anak Anda dalam situasi sosial atau pada saat anak Anda mencoba aktivitas baru juga dapat membantu mereka membangun rasa percaya diri yang dibutuhkan saat bertemu teman baru.
 
Cara Membantu Anak Bersosialisai
(Sebagai orang tua ada hal yang bisa Anda lakukan untuk membantu anak Anda berteman dengan anak-anak lainnya. Foto: Pexels.com)
 
Ia juga menyarankan orang tua sebisa mungkin menghindari untuk memaksa anak-anak ke dalam situasi sosial ketika anak-anak belum siap. 
 
"Anak-anak juga manusia," kata Maureen Healy, penulis The Emotionally Healthy Child, dan pakar perkembangan anak di Growinghappykids.com.  
 
"Mereka masih sangat kecil dan masih banyak yang harus mereka pelajari, namun mereka tidak bodoh. Anda harus menghormati apa yang mereka inginkan dan yang tidak mereka inginkan. Terus menerus mendorong mereka untuk melakukan hal baru dapat mengurangi rasa kenyamanan mereka." 
 
Healy mengatakan bahwa Anda bisa memberikan hadiah kepada anak Anda ketika mereka sudah mau untuk bertemu dengan orang-orang baru, terutama jika itu bukanlah hal yang biasa mereka lalukan. Hal itu dapat mendorong mereka melakukan sesuatu tanpa menuntut mereka. 
 
"Salah satu cara terbaik untuk membantu mereka menjadi orang yang peka, berempati, dan bijaksana adalah dengan menunjukkan hal yang sama kepada mereka melalui pujian atas apa yang mereka lakukan," kata Dr Milne. "Mereka perlu bantuan Anda untuk mengatasi situasi tersebut," pungkas Dr Milne.
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif