Prita Ghozie, seorang financial planner. (Medcom.id/Raka Lestari).
Prita Ghozie, seorang financial planner. (Medcom.id/Raka Lestari).

Tips Mengatasi Masalah Keuangan Keluarga

Rona keluarga
Raka Lestari • 06 Desember 2019 09:03
Jakarta: Salah satu permasalahan yang sering ditemui pada generasi milenial yang sudah berkeluarga aaldah masalah keuangan. Generasi milenial terkadang masih banyak yang belum mengetahui bagaimana cara mengatur dan mengelola keuangan untuk keluarganya.
 
Dan karena wanita terkadang menjadi pemegang kendali keuangan dalam keluarga, terkadang hal tersebut menjadi beban tersendiri bagi wanita dalam mengatur keuangan di keluarganya. 
 
“Ibu milenial memiliki kebingungan bagaimana mengatur keuangan untuk kebutuhan dan pendidikan si kecil, sekaligus bisa menabung di waktu yang bersamaan dan terkadang cenderung mengeluarkan uang demi mengikuti tren,” ujar Prita Ghozie, seorang financial planner, dalam acara #MYBABYMomversity, di kawasan Jakarta Pusat, Kamis, 5 Desember 2019. 
 
Menurut Prita, pengeluaran tanpa perencanaan dan lebih mengutamakan keinginan dibanding kebutuhan bisa diatasi asalkan bertukar pikiran dengan ibu lain dalam komunitas. Sehingga dapat membantu ibu lebih cerdas mendapatkan informasi mengenai apa saja yang wajib dimiliki atau ditunda
 
"Sehingga memudahkan dalam mengatur keuangan. Kemudian disiplin dalam menentukan prioritas kebutuhan. Manfaatkan asuransi kesehatan untuk kebutuhan-kebutuhan seperti pengecekan dokter rutin pada masa kehamilan. Dan yang tidak kalah penting adalah selesaikan hutang konsumtif dan memiliki tujuan investasi yang jelas,” terangnya.
 
Prita juga memberikan tips mengelola keuangan bagi generasi milenial yang sudah berkeluarga: 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. Kalau sudah berpasangan harus berkomunikasi dengan pasangan.  Apa keinginan pasangan dan apa kebutuhan kita. 
2.  Kita harus sepakat suami dan istri siapa yang jadi manajer. Kebanyakan memang  perempuan yang mengatur keuangan keluarga tetapi itu tidak harus. Siapa  yang lebih jago itulah yang mengelola keuangan 
3.  Kita harus menentukan tujuan fokus keuangan keluarga kita. Fokus artinya tidak bisa maunya banyak. Tiga dulu atau empat dulu saja baru nanti lama-lama bertambah
4.  Bikin anggaran yang sesuai dengan penghasilannya. 
5.  Harus bisa disiplin dan jujur. Dan yang paling gawat itu tidak kalau tidak jujur mengenai masalah keuangan pada pasangan.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif