Tips Hindari Cedera Anak di Rumah
Sebuah laporan tahun 2014 di Amerika mengungkapkan, lebih dari 25 ribu anak kecil terluka karena perletakan furnitur yang tidak tepat. (Foto: Jaros?aw Ceborski/Unsplash.com)
Jakarta: Sebuah laporan tahun 2014 di Amerika mengungkapkan, lebih dari 25 ribu anak kecil terluka karena perletakan furnitur yang tidak tepat, dan 430 anak kecil meninggal karena tertimpa furnitur yang terjatuh selama 2000-2013.

Sebesar 65 persen dari penyebab kematian tersebut adalah tertimpa TV. Sementara, 20 persen disebabkan oleh jatuhnya peti, meja rias, dan lemari pakaian. Tujuh persen lainnya disebabkan oleh jatuhnya peralatan seperti kompor.

Sekitar 34 persen dari kasus tersebut terjadi karena anak berusaha memanjat perabotan tersebut. Namun, yang terjadi justru menimpa mereka. Sementara, 41 persen penyebab lainnya belum diketahui secara jelas mengapa perabotan tersebut bisa jatuh.


Berikut adalah beberapa tips bagi Anda untuk menghindari cedera pada anak, seperti disarankan oleh Academy of Pediatrics dan Nationwide Children's Hospital.

(Baca juga: Ini yang Harus Anda Lakukan Ketika Menempati Rumah Baru)


(Letakkan peralatan seperti meja rias, rak buku, dan televisi di tempat yang aman, seperti menempel pada tembok. Foto: Sylwia Pietruszka/Unsplash.com)

1. Tempatkan televisi pada ketinggian yang rendah.

2. Jangan tempatkan televisi di atas furnitur yang tidak kuat menahan perabotan tersebut, seperti di meja rias atau lemari. Sebuah studi tahun 2015 menemukan bahwa cedera kepala serius terkait dengan TV terjatuh sering terjadi karena alasan ini.

3. Letakkan peralatan seperti meja rias, rak buku, dan televisi di tempat yang aman, seperti menempel pada tembok. 

4. Hindari meletakkan televisi pada bagian pinggir.

5. Pastikan peralatan seperti mainan atau remote televisi, benda yang mudah dijangkau anak kecil, diletakkan di tempat yang tinggi, seperti di atas televisi atau perabotan lain. 

6. Letakkan barang-barang di bagian tengah perabotan untuk menghindari pengambilan yang sembarangan ketika lewat.

7. Pastikan kabel listrik atau stop kontak jauh dari jangkauan anak kecil sehingga mereka tidak mencoba menariknya dan menyebabkan ketidakseimbangan pada perabotan di sekitar. 






(TIN)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id