Cara Mengajarkan Anak agar Cinta Lingkungan
Membicarakan mengenai permasalahan lingkungan kepada anak-anak melatih anak untuk mencari solusi atas permasalahan lingkungan yang ada. (Foto: Courtesy of Rawpixel/Getty Images)
Jakarta: Mengajarkan anak-anak peduli kepada sesama adalah sesuatu yang penting, namun juga jangan lupa untuk mengajarkan anak-anak Anda untuk peduli kepada lingkungannya.

Hal ini dlakukan agar anak-anak bisa menghargai alam dan bisa menjaga lingkungan agar keseimbangan antara alam dan lingkungannya bisa tetap terjaga di masa depan nanti.

Dilansir dari Huffingtonpost.com berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan orang tua untuk mengajarkan anak kepada lingkungan.


1. Memberikan contoh di rumah 
"Kita dapat mengajari anak-anak untuk mematikan lampu ketika mereka meninggalkan ruangan atau menutup jendela dan pintu untuk menghemat energi," kata presiden dan CEO National Wildlife Federation, Collin O'Mara, kepada Huffington Post. 

Ajarkan anak-anak untuk melakukan daur ulang sampah dan mematikan air keran ketika sedang menggosok gigi, katanya. Kegiatan sehari-hari yang sederhana ini membuat pelestarian lingkungan menjadi nyata dan naluriah bagi anak-anak.

(Baca juga: Siti Nurbaya: Tanamkan Rasa Cinta Lingkungan dari Keluarga)


(Mengajarkan anak-anak peduli kepada sesama adalah sesuatu yang penting, namun juga jangan lupa untuk mengajarkan anak-anak Anda untuk peduli kepada lingkungannya. Foto: Abigail Keenan/Unsplash.com)

2. Ajak anak-anak ke luar rumah 
"Ini membantu mendorong anak-anak untuk memiliki perasaan yang positif dan terhubung dengan alam," kata O'Mara.  Dia menyarankan keluarga untuk mengunjungi taman-taman kota, makan malam di luar, berkebun di rumah, pergi memancing atau jalan-jalan akhir pekan bersama.

3. Membicarakan masalah lingkungan 
Membicarakan mengenai permasalahan lingkungan kepada anak-anak melatih anak untuk mencari solusi atas permasalahan lingkungan yang ada dan membuat anak-anak menjad tertarik untuk bisa menjaga lingkungan. 

4. Berlibur
Tidak perlu liburan yang mewah untuk bisa menghabiskan waktu dengan anak-anak dan keluarga. Hal yang terpenting adalah dengan berlibur dapat menyatukan setiap anggota keluarga yang ada di dalam rumah, dan bisa mengajarkan mengenai ekosistem yang terdapat di alam liar kepada anak-anak. 

5. Dengarkan anak Anda
Ketika anak-anak dengan semangat membicarakan masalah lingkungan di rumah, dengarkan apa yang mereka bicarakan tersebut dengan antusias. Dengan begitu, anak-anak akan merasa bahwa mereka dihargai dan didengarkan pendapatnya. Selain itu, melibatkan anak-anak terhadap pengambilan keputusan yang berkaitan dengan lingkungan juga bisa menjadi cara yang baik. 







(TIN)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id