Memikirkan Hubungan Cinta yang Gagal Tidak Selalu Beri Dampak Buruk

Sri Yanti Nainggolan 20 September 2018 17:51 WIB
romansa
Memikirkan Hubungan Cinta yang Gagal Tidak Selalu Beri Dampak Buruk
(Foto: Huffington Post)
Jakarta: Setiap orang yang baru saja berpisah dengan pasangannya hampir selalu berusaha melupakan sang mantan kekasih. Itu merupakan upaya yang sangat wajar. Namun, sebuah penelitian terbaru justru merekomendasikan hal sebaliknya. 

Mungkin tampak kontraproduktif, tetapi salah satu cara terbaik untuk mengatasi perpisahan adalah dengan sering memikirkannya. Menurut sains, hal ini justru memberi memberi efek penyembuhan dan meningkatkan kesejahteraan lebih cepat. 

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Social Psychological and Personality Science menyebutkan bahwa berulang kali membicarakan dan merefleksikan perasaan yang berhubungan dengan berakhirnya hubungan sebenarnya membuat seseorang menjadi lebih kuat. 


Studi tersebut menanyai 210 partisipan yang baru putus cinta untuk mengisi kuesioner mendalam, melakukan pengukuran psikofisiologis dan wawancara sederhana. 

Studi tersebut secara khusus melihat pada 're-organisasi konsep diri', yaitu proses melihat diri sendiri yang berpisah dengan mantan pasangan dan hubungan. 

Hasilnya, kelompok yang dipaksa untuk berpikir dan mendiskusikan tentang putusnya hubungan mengalami perbaikan yang lebih cepat. Hal ini karena mereka mampu melepaskan diri secara psikologis dari mantan pasangan. 

"Studi kami membuktikan bahwa perbaikan konsep diri sebenarnya menyebabkan peningkatan dalam kesejahteraan, meskipun proses mengingat-ingat masa sulit sangat menyakitkan," ujar pemimpin studi Dr Grace Larson. 

Para peneliti sendiri tak memiliki analisis yang pasti terkait fenomena ini. Namun, mereka berasumsi bahwa hal itu harus dilakukan untuk menciptakan narasi baru dan melihat perpisahan dari perspektif yang lebih baik.

Sementara, para peneliti menyadari bahwa tidak semua orang yang mengalami putus cinta dapat mengikuti cara ini. Mereka percaya, menulis suasana hati dalam jurnal, dapat memiliki efek yang sama.


Lihat video:





(DEV)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id