Salah satu fitur pada anjing yang akan dengan mudah melelehkan hati manusia adalah matanya. (Ilustrasi/Pexels)
Salah satu fitur pada anjing yang akan dengan mudah melelehkan hati manusia adalah matanya. (Ilustrasi/Pexels)

Mengapa Melihat Mata Anjing Bisa Membuat Anda Nyaman?

Rona hewan peliharaan
Kumara Anggita • 08 Agustus 2020 12:04
Jakarta: Salah satu fitur pada anjing yang akan dengan mudah melelehkan hati manusia adalah matanya. Menatap mata anjing dapat memberikan rasa yang nyaman pada diri Anda. Kira-kira apa alasan perasaan ini bisa muncul?
 
Dikutip dari Healthline, perasaan itu bisa muncul karena ada ikatan. Ikatan anjing dengan Anda serupa dengan ikatan ibu ke anak.
 
Menurut Katherine Compitus, pekerja sosial klinis berlisensi, ahli perilaku hewan, dan asisten dosen di Universitas Columbia, Universitas New York, hubungan manusia dengan anjing, kucing, dan hewan peliharaan lainnya mirip dengan ikatan antara ibu dan anak. Ikatan ini sebagian dibentuk melalui oksitosin. Ini adalah hormon yang terkait dengan cinta, kemelekatan, dan kepercayaan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Oksitosin dikenal sebagai hormon cinta karena hormon ini meningkat pada orang ketika mereka jatuh cinta atau pada ibu dan anak-anak mereka ketika mereka berinteraksi," kata Compitus. 
 
"Studi menunjukkan bahwa oksitosin juga meningkat pada manusia dan hewan lain ketika kita berinteraksi,” lanjutnya. Jadi oksitosin lah yang menjadi alasan mengapa Anda merasa nyaman saat menatap mata anjing Anda.
 
Ikatan ini juga diperkuat saat Anda memberi makan dan memelihara hewan. Waktu itu hewan dalam keadaan rentan dan bergantung pada Anda untuk kebutuhan dan perawatan gizi. 
 
”Hubungan antara orang tua manusia dan anak mungkin kondisional dan kadang-kadang tidak stabil, tetapi hewan peliharaan adalah sumber dukungan dan cinta yang konstan,” kata Compitus.
 
Compitus menegaskan bahwa hubungan positif antara anjing dan manusia akan sangat bermanfaat bagi kualitas hidup keduanya. “Karena semakin banyak penelitian yang dilakukan mengenai manfaat terapeutik dari ikatan manusia-hewan, untuk manusia dan spesies lain, kami melihat bukti kuantitatif dan kualitatif yang konkret bahwa ikatan manusia dan hewan adalah modalitas pengobatan yang kuat dan bahwa kami benar-benar mendapat manfaat secara fisiologis, psikologis, dan sosial dari interaksi kita dengan hewan,” jelasnya.
 

 
(YDH)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif