Apa yang harus Anda lakukan? Simak beberapa tips ini. (Foto: Travis Grossen/Unsplash.com)
Apa yang harus Anda lakukan? Simak beberapa tips ini. (Foto: Travis Grossen/Unsplash.com)

Si Kecil Enggan Tidur Siang? Begini Solusinya

Rona perkembangan anak tips & trik
26 Desember 2018 13:26
Jakarta: Mungkin pernah menghadapi si kecil yang tidak mau tidur siang padahal Anda melihatnya sudah benar-benar lelah dan mengantuk? Semua tanda-tanda sudah terlihat, mulai dari menguap berulang kali, menggosok-gosokkan mata, hingga tertidur.
 
Mengapa demikan terjadi si kecil menolak untuk tidur siang? Dikutip dari BabyCenter, Anak di bawah usia tiga tahun (batita), cenderung sulit tidur siang karena pada usia tersebut sedang tertarik dan semangat-semangatnya memelajari apa yang ada di sekelilingnya.
 
Keingintahuan si kecil yang terlampau tinggi itulah yang menyebabkan menolak tidur siang karena khawatir akan kehilangan momen baru manakala tertidur.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu khususnya pada usia 2 tahun, si kecil mulai memahami dirinya sendiri sehingga beranggapan berbeda dengan Anda. Karena itu si kecil mencoba mandiri sebisa mungkin. Menolak tidur siang adalah salah satu cara si kecil mengambil alih kontrol dari Anda.
 
(Baca juga: Susah Tidur, Salah Satu Tanda Infeksi Telinga pada Bayi)
 
Si Kecil Enggan Tidur Siang? Begini Solusinya
(Dikutip dari BabyCenter, Anak di bawah usia tiga tahun (batita), cenderung sulit tidur siang karena pada usia tersebut sedang tertarik dan semangat-semangatnya memelajari apa yang ada di sekelilingnya. Foto: Picsea/Unsplash.com)
 
Lantas apa yang harus Anda lakukan? Simak beberapa tips ini.
 
1. Atur waktu
Pastikan Anda mengajaknya tidur siang di saat yang tepat, yaitu setelah makan siang. Kenapa? Karena jarak waktunya sudah cukup jauh dari waktu bangun di pagi hari, dan perut kenyangnya pun akan membuatnya sedikit mulai mengantuk.
 
2. Konsisten
Jaga ritual tidur siang seperti halnya Anda membuat ritual untuk tidur malamnya. Misal, bacakan buku tertentu menjelang waktu tidur siang, atau tidur siang di tempat yang sama setiap harinya (misal, kamar mama).
 
3. Tawarkan sesuatu yang positif
Bila anak menolak diajak tidur siang, katakan sesuatu yang positif, seperti, “Nanti kita bisa main lagi sesudah kamu bangun. Malah kamu akan merasa lebih kuat dibanding sebelum tidur siang.”
 
4. Ciptakan suasana tenang
Matikan TV, tutup pintu untuk meredam suara berisik di luar, dan bersantailah.
 
5. Buat waktu tidur siang menyenangkan
Jangan sekali-kali menjadikan tidur siang sebagai ancaman atau hukuman. Misalnya “Kalau tidak mau makan, nanti mama kurung di kamar untuk tidur siang!” Hal ini akan membuat anak mengasosiasikan waktu tidur siang sebagai hal yang tidak menyenangkan.
 

Maria Fransiska
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif