Tinggalkan Budaya Impulsif dengan Menjadi Konsumen Cerdas (Foto: Metrotvnews/Yanti)
Tinggalkan Budaya Impulsif dengan Menjadi Konsumen Cerdas (Foto: Metrotvnews/Yanti)

Tinggalkan Budaya Impulsif dengan Menjadi Konsumen Cerdas

Rona belanja
Sri Yanti Nainggolan • 10 Desember 2016 11:00
medcom.id, Jakarta: Sebuah survei perilaku konsumen tahun 2016 menunjukkan bahwa daya tarik sebagian besar konsumen Indonesia untuk belanja online adalah promosi dan diskon yang ditawarkan, yaitu sebesar 77,1 persen.
 
Survei dari The Power of Protection yang digagas oleh ShopBack itu, meski menguntungkan, budaya impulsif tersebut berpotensi mengganggu tercukupinya kebutuhan yang lain.
 
Mayoritas dari konsumen adalah kaum muda dengan kisaran usia 19-35 tahun, yaitu sebanyak 76 persen yang dinilai masih memiliki banyak kebutuhan di tengah finansial yang terbatas. Bahkan, 44 persen dari konsumen utama tersebut mengaku mengalami defisit.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Oleh karena itu kami memperkenalkan gaya hidup baru yaitu belanja dengan cerdas dan hemat dengan standar shop smarter, save smarter, dan go beyond shopping," ujar Indra Yonathan selaku Country Manager ShopBack Indonesia dalam konfrensi pers ShopBack Shop Fest 2016.
 
Menyambut ShopBack Shop Fest: The First Smartest Shopping Festival yang akan berlangsung pada 12-31 Desember 2016 nanti, Yonathan mengajak para konsumen untuk lebih lihai dalam berbelanja online dengan memerhatikan tiga unsur tersebut.
 
Shop smarter dalam hal ini adalah cerdas dalam memilih barang dengan memerhatikan diskon dan promo yang ditawarkan. ShopBack menampilkan dua kategori yang membantu konsumen untuk memilih yaitu penawaran brand dan produk terbaik dari 200 e-dagang yang turut serta dalam festival tersebut.
 
Selain itu, ShopBack juga mengajak konsumen untuk menabung saat berbelanja dengan adanya cashback. Saat konsumen berbelanja secara online, mereka akan menerima cashback yang nantinya bisa masuk ke rekening dan diambil secara tunai.
 
"Ini kali pertama dalam Harbolnas, konsumen dapat menggabungkan promo-promo Harbolnas dengan tambahan cashback hingga 99 persen," ujarnya.
 
Terakhir, go beyond shopping bertujuan untuk mengedukasi para konsumen agar tidak hanya terpaku pada membeli barang, namun juga melakukan beberapa aktivitas lainnya melalui platform tersebut seperti memesan transportasi online, membeli pulsa, hingga membeli musik online.
 
Dalam perhelatan acara tersebut, ShopBack berkolaborasi dengan Bank Mandiri, peeusahaan label rekaman Sony Music Entertainments Indonesia, Warner Music Indonesia  dan Trinity Optima Production, dan sejumlah figur terkemuka dari dunia fashion dan kecantikan
 
Akan ada tiga perhelatan besar, yaitu Mandiri Shop Fest di mana selama tanggal 12-31 Desember nanti pengguna kartu kredit Mandiri bisa mendapatkan berbagai penawaran potongan harga hingga 90 persen dengan tambahan diskon hingga 20 persen dan voucher hingga Rp500 ribu.
 
Kemudian, Fashion Shop Fest di mana 12 figur terkemuka di dunia fashion dan kecantikan seperti Ayu Gani, Ayushita, dan para fashion blogger lainnya akan menjadi advisor sekaligus kurator untuk membantu menginspirasi, mendorong dan memberdayakan konsumen agar dapat berbelanja cermat, hemat, dan cerdas melalui halaman khusus yang akan mereka isi selama 12-31 Desember 2016.
 
"Saya berencana memberitahu konsumen bagaimana cara agar mereka bisa mendapatkan cashback sehingga jadi seperti berputar saja, belanja dan menabung," tukas model Ayu Gani pada kesempatan yang sama.
 
Terakhir, ada Music Shop Fest di mana ShopBack menawarkan cashback sebesar 99 persen mulai 12-14 Desember untuk setiap pembelian karya musik legal di iTunes melalui platform tersebut.
 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif