Tips Aman Menggunakan Jasa Transportasi Daring
(Foto: Shutterstock)
Jakarta: Jasa transportasi daring sangat memudahkan mobilitas penduduk kota-kota besar. Namun, sebagai penumpang, kehati-hatian dalam menggunakan jasa tak boleh diabaikan. 

Berikut adalah beberapa tips sederhana yang perlu Anda tahu saat menggunakan jasa transportasi daring atau taksi sendirian. 

1. Kirim detail informasi transportasi daring ke orang terpercaya 


Kirimkan beberapa informasi seperti nomor kendaraan, jenis mobil, nama dan nomor telepon pengemudi yang umumnya tercantum dalam aplikasi pada orang yang dapat Anda percaya. 

2. Pantau jalur atau gunakan rute yang biasa digunakan

Pilihlah jalur perjalanan yang biasa Anda lalui supaya menghindari kemungkinan pengemudi nakal mengerjai Anda. Jika Anda tak mengenal jalan yang dipilih, perhatikan jalan dan ingatkan pengemudi bila Anda sudah merasa tak nyaman. 

3. Jangan beberkan informasi personal

Saat mengobrol dengan pengemudi, hindari memberi informasi yang personal dan mendetail seperti dengan siapa Anda tinggal atau hal-hal lain. Jika sedang bertelepon dengan orang lain, jangan membicarakan hal serupa, seperti nomor ATM, supaya pengemudi tak menangkap informasi detail Anda. 

4. Bawa benda yang dapat melindungi tubuh

Bawalah benda-benda biasa dapat dapat dijadikan senjata jika pengemudi melakukan hal-hal berbahaya, misalnya payung. Semprotan merica juga sebaiknya selalu ada dalam tas untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan. 

5. Jangan tertidur

Meskipun mengantuk, usahakan jangan sampai tertidur di transportasi daring. Kesadaran yang tak penuh dapat memberi kesempatan bagi pengemudi untuk berbuat jahat. 

Lihat video:





(DEV)