Ketika pernikahan sudah berjalan 10 tahun, mungkin perlu ada penyegaran kembali. (Foto: Priscilla Du Preez/Unsplash.com)
Ketika pernikahan sudah berjalan 10 tahun, mungkin perlu ada penyegaran kembali. (Foto: Priscilla Du Preez/Unsplash.com)

Permasalahan Pernikahan Setelah 10 Tahun

Rona keluarga
Kumara Anggita • 16 Januari 2019 08:15
Jakarta: Ketika pernikahan sudah berjalan 10 tahun, mungkin perlu ada penyegaran kembali. Beberapa jalan keluar bisa diterapkan untuk membuat pernikahan terasa seperti fase 'honeymoon' kembali. 
 
1. Pasangan berubah menjadi sebatas "teman sekamar"
Hal yang terpenting adalah berusaha untuk menjaga hubungan tetap dalam tataran hubungan 'romantis'. Akan tetapi, banyak pasangan yang tidak membuat hubungan menjadi menarik seperti saat berkencan dulu. Alhasil pasangan lebih seperti teman sekamar. 
 
"Pasangan romantis dapat dengan mudah berubah menjadi kerabat dalam mengatur keluarga dan kehidupan, daripada menjadi pasangan romantis," tutur terapis dalam spesialisasi konsuling laki-laki, Kurt Smith. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebaiknya Anda lebih sering berkencan, menonton film bersama dan hal-hal menarik lainnya agar membuat suasana menjadi lebih beragam.
 
Permasalahan Pernikahan Setelah 10 Tahun
(Ketika pernikahan sudah berjalan 10 tahun, mungkin perlu ada penyegaran kembali. Beberapa jalan keluar bisa diterapkan untuk membuat pernikahan terasa seperti fase 'honeymoon' kembali. Foto: Rawpixel/Unsplash.com)
 
(Baca juga: Pernikahan Anak Berpotensi Menimbulkan Beragam Masalah)
 
2. Toleransi antar pasangan menghilang
Pada awal-awal pernikahan, ketika pasangan mengacaukan sesuatu, kesabaran dan maaf lebih besar. Seiring dengan berjalannya waktu pasangan satu sama lain menjadi semakin tidak sabar. 
 
"Di awal pernikahan, kita dapat melihat banyak keanggunan satu sama lain karena cinta kita telah menutupi semua kekurangan atau kegagalan,” kata Smith.
 
"Sedihnya, saat pernikahan matang, kesabaran bisa memudar." lanjutnya. 
 
Jika hal serupa terjadi, cobalah untuk mengingat bahwa Anda dan pasangan berada pada satu tim. Jangan anggap pasangan memiliki intensi negatif. Dengan seperti itu, rasa hormat satu sama lain akan muncul kembali. 
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif