Anda tidak dapat melihat, mencium, atau merasakan bakteri yang dapat membuat Anda sakit. Untuk melindungi dari keracunan makanan, buang makanan setelah tiga hingga empat hari di lemari es. (Foto: Pexels.com)
Anda tidak dapat melihat, mencium, atau merasakan bakteri yang dapat membuat Anda sakit. Untuk melindungi dari keracunan makanan, buang makanan setelah tiga hingga empat hari di lemari es. (Foto: Pexels.com)

4 Mitos dan Fakta Cara Menyimpan Makanan Sisa

Rona tips & trik
Raka Lestari • 24 Juni 2019 18:03
Ada mitos dan cara menyimpan makanan sisa. Ada baiknya Anda tahu seperti jika suhu di ruangan lebih dari 90F (32 derajat celsius) sebaiknya makanan sisa langsung dimasukkan ke dalam kulkas dalam waktu satu jam. Atau, untuk melindungi dari keracunan makanan, buang makanan setelah tiga hingga empat hari di lemari es atau pindahkan ke freezer.
 

 
Jakarta: Banyak orang yang memiliki masalah dengan sisa makanan. Jika cara menyimpan sisa makanan dilakukan dengan tepat, sisa makanan tersebut bisa dimakan pada waktu-waktu berikutnya sehingga Anda tidak hanya menghemat pengeluaran tetapi juga bisa mengurangi limbah makanan yang terbuang dengan sia-sia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun masih banyak orang yang belum memahami cara menyimpan makanan, apalagi banyak juga informasi-informasi mengenai cara menyimpan sisa makanan yang belum tentu benar. Berikut ini adalah mitos dan fakta mengenai cara penyimpanan makanan sisa Anda di rumah dilansir dari WebMD:
 
4 Mitos dan Fakta Cara Menyimpan Makanan Sisa
(Ada trik agar Anda tetap sehat dalam mengonsumsi makanan sisa. Foto: Pexels.com)

1. Fakta: Masukkan ke dalam kulkas sisa makanan dalam waktu dua jam

Bakteri yang menyebabkan keracunan makanan dapat tumbuh dengan cepat pada suhu ruang. Untuk memastikan itu aman, letakkan makanan di lemari es atau freezer dalam waktu dua jam setelah dimasak atau disajikan.
 
Jika suhu di ruangan lebih dari 90F (32 derajat celsius) sebaiknya langsung masukkan kulkas dalam waktu satu jam.

2. Mitos: Dinginkan makanan panas sebelum masuk ke kulkas

Jika sisa makanan masih panas, Anda tidak perlu menunggunya sampai benar-benar dingin untuk memasukkan ke dalam kulkas. Anda bisa langsung memasukkannya ke dalam lemari es ketika sudah hangat kuku.

3. Mitos: Makanan sisa masih boleh dikonsumsi selama tidak bau

Anda tidak dapat melihat, mencium, atau merasakan bakteri yang dapat membuat Anda sakit. Untuk melindungi dari keracunan makanan, buang makanan setelah tiga hingga empat hari di lemari es atau pindahkan ke freezer.
 
Meskipun makanan yang dibekukan aman dalam waktu yang cukup lama, biasanya mereka akan kehilangan rasa dan teksturnya dalam waktu tiga sampai empat bulan.

4. Fakta: Jangan gunakan air panas untuk mencairkan makanan beku

Memasukkan makanan beku ke dalam air panas atau membiarkannya di meja dapat mencairkan bakteri. Untuk mencairkannya secara aman, masukkan sisa makanan ke dalam kantong atau wadah antibocor ke dalam mangkuk berisi air dingin, dan ganti air setiap setengah jam. Atau Anda juga dapat mencairkan sisa makanan beku dalam microwave, oven, atau kompor.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif