Ini Usia yang Tepat Mengajarkan Si Kecil Berenang
Menurut American Red Cross, sebanyak 200 anak tenggelam setiap tahunnya ketika sedang berenang. (Foto: Chuttersnap/Unsplash.com)
Jakarta: Mengajarkan anak-anak berenang sedini mungkin dapat memiliki banyak manfaat terutama bagi pertumbuhan dan perkembangannya.

Penting bagi orang tua mengajarkan anak-anak berenang dengan baik agar ketika sedang berada di kolam renang anak-anak tidak tenggelam. Menurut American Red Cross, sebanyak 200 anak tenggelam setiap tahunnya ketika sedang berenang. 

"Secara personal, menurut saya tidak ada usia bayi di mana mereka terlalu muda untuk menyesuaikan diri dengan air," ujar Jason Hughes, seorang mantan pelatih renang. 


"Di klub renang saya, kami mulai pada usia awal 4 bulan, dengan hanya bermain air seperti mencipratkan air dan menyesuaikan diri dengan air dan memperkuat ikatan dengan orang tua."


(Menurut American Academy of Pediatrics, orang dewasa harus selalu berada dalam jarak sejauh satu lengan untuk agar jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan bisa dengan cepat membantu anak-anak. Foto: Tomek Baginski/Unsplash.com)

(Baca juga: Manfaat Berenang Untuk Bayi)

Menurut Charlotte Smith, mantan atlet renang dan pelatih renang selama 20 tahun meskipun orang tua mungkin akan merasa khawatir, namun sebaiknya orang tua mengajarkan anak-anak untuk berenang sedini mungkin. 

"Belajar berenang merupakan salah satu pelajaran dalam kemampuan bertahan hidup. Semakin cepat Anda mengajarkannya, semakin baik bagi mereka," ujar Smith kepada Romper. 

Namun perlu dingat, bahwa meskipun Anda sudah mengajarkan anak-anak belajar berenang sedini mungkin bukan berarti anak-anak tidak akan pernah tenggelam. 

Tetap saja penting bagi orang tua untuk melakukan pengawasan selama anak-anak sedang berada di kolam renang. Menurut American Academy of Pediatrics, orang dewasa harus selalu berada dalam jarak sejauh satu lengan untuk agar jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan bisa dengan cepat membantu anak-anak. 






(TIN)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id