Berikut ini diuraikan umur simpan buah-buahan dan sayur yang bisa Anda ketahui. (Foto: Pexels.com)
Berikut ini diuraikan umur simpan buah-buahan dan sayur yang bisa Anda ketahui. (Foto: Pexels.com)

Tips Pahami Berapa Lama Penyimpanan Makanan Segar

Rona tips & trik
Sunnaholomi Halakrispen • 25 Mei 2020 09:00
Jakarta: Di tengah pandemi covid-19, Anda mungkin memutuskan untuk berbelanja yang lebih banyak daripada biasanya. Ada hal yang perlu diperhatikan, yakni tentang berapa lama makanan yang beli itu bertahan disimpan.
 
Sebab, Anda akan kecewa jika makanan itu sudah tidak segar saat hendak menyantapnya. Dikutip dari Reader's Digest, berikut diuraikan umur simpan buah-buahan dan sayuran umum sehingga Anda dapat merencanakan pembelian dan lama simpan.

1. Apel

Simpanlah apel dengan paling lama 4-8 minggu di lemari es. Tidak apa-apa jika apel Anda memiliki beberapa bintik coklat, karena bagian itu bisa dibuang. Tetapi jika terlihat kusut atau terasa lembek, maka sudah saatnya untuk membuang satu buah apel itu.

2. Alpukat

Simpanlah alpukat maksimal selama 4-7 hari pada suhu ruang. Perhatikanlah, jika kulit di bawahnya berwarna hijau, itu pertanda bahwa alpukat sudah matang.

3. Brokoli

Simpan brokoli paling lama 7-14 hari di lemari es. Brokoli Anda harus terlihat berwarna hijau seluruhnga. Hal lain yang perlu diperhatikan juga ialah makan ketika batangnya terasa keras, tidak lemas.
 
Tips Pahami Berapa Lama Penyimpanan Makanan Segar
(Menyimpan wortel maksimal tiga hingga empat minggu saja di dalam kulkas. Foto: Pexels.com)

4. Wortel

Simpan wortel maksimal 3-4 minggu di dalam lemari es. Wortel telah melewati masa segarnya ketika teksturnya terasa lemas atau terlihat berwarna pucat, berbintik-bintik. Jika Anda membeli wortel dengan sayuran hijau, yang terbaik adalah memotong sayuran hijau dan menyimpannya secara terpisah dengan si wortel.

5. Lemon

Simpanlah lemon paling lama 3-4 minggu di lemari es. Lemon sehat akan berwarna kuning cerah dan teksturnya akan sedikit keras saat disentuh. Namun, pertanda terlalu matang jika memiliki bintik-bintik lembut, bintik-bintik gelap, atau tekstur yang lembek.

6. Kentang

Simpan kentang paljng lama 3-5 minggu di dapur Anda dengan suhu ruang. Kentang yang baik akan terasa keras dan tercium seperti berbau tanah. Tidak apa-apa jika terlihat ada kecambah kecil, tetapi jika kecambah yang muncul lebih panjang, itu pertanda kentang Anda mungkin sudah rusak.

7. Tomat

Lama simpan tomat ialah satu minggu pada suhu ruang. Tomat siap makan akan terasa keras ketika sedikit diperas dan tampak agak berat dibandingkan dengan ukurannya.

8. Jamur utuh

Simpan jamur hingga 7-10 hari di lemari es. Jika jamur terasa lengket atau berlendir, itu pertanda kualitasnya telah memburuk. Sementara itu, jamur utuh akan bertahan lebih lama dari jamur yang telah diiris.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif