Sebuah penelitian di Universitas Ulster menemukan bahwa memiliki saudara perempuan juga menciptakan sosol yang lebih mandiri pada diri kita. (Foto Ilustrasi: Sharon McCutheon/Unsplash)
Sebuah penelitian di Universitas Ulster menemukan bahwa memiliki saudara perempuan juga menciptakan sosol yang lebih mandiri pada diri kita. (Foto Ilustrasi: Sharon McCutheon/Unsplash)

Keuntungan Memiliki Saudara Perempuan

Rona keluarga
Kumara Anggita • 22 April 2019 16:40
Memiliki saudara perempuan memiliki banyak makna dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu di antaranya, saudara perempuan cenderung terlibat dalam percakapan dan mengekspresikan emosi.
 

Jakarta
: Walaupun terkadang saudara perempuan suka menyebalkan. Namun, di balik itu secara tidak sadar hidup bersamanya memberi manfaat bagi kesehatan fisik dan mental.
 
Berbagai penelitian telah membenarkan kalau memiliki saudara perempuan memiliki efek positif. Contoh di dalam keluarga, kehadiran saudara perempuan membuat suasana rumah lebih ramai.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu ada beberapa keuntungan memiliki saudara perempuan. Seperti dilansir dari bustle berikut ini:

-Saudara perempuan membuat Anda jadi lebih baik

Saudara perempuan mengajarkan untuk Anda jadi tidak begitu egois. Mau tak mau, Anda berbagi ruang dan waktu dengannya.
 
Sebuah studi pada 2010 menemukan bahwa orang-orang dengan saudara perempuan umumnya lebih baik dan lebih memberi. Bahkan jika mereka saling bertengkar.
 
Studi ini telah diteliti ke 395 keluarga yang memiliki lebih dari satu anak. Salah satunya berusia antara 10 dan 14 tahun. Remaja itu diberikan serangkaian pertanyaan mengenai saudara mereka yang paling dekat dengan mereka, dan jawaban mereka direkam dalam video. Tahun berikutnya, para remaja ditanyai pertanyaan yang sama dan direkam kembali.
 
Para peneliti menemukan bahwa saudara perempuan lah yang memiliki dampak terbesar pada remaja. Sementara itu, kehadiran saudara perempuan tampaknya meningkatkan harmoni dalam keluarga.

-Saudara perempuan menghadirkan lebih sedikit emosi negatif

Tanpa disadari, kehadiran saudara perempuan membuat kita memiliki sedikit emosi. Sebuah penelitian dari Universitas Brigham Young menemukan bahwa orang yang memiliki saudara perempuan mengalami lebih sedikit rasa bersalah, kesepian, dan perasaan takut secara keseluruhan, daripada orang tanpa saudara perempuan.
 
Seiring bertambahnya usia, mereka juga cenderung berbagi cerita pada saudara karena ada beberapa hal yang tak bisa dipahami oleh orang tua.

-Saudara perempuan membuat Anda merasa dicintai

Walaupun ada berbagai rangkaian pertengkaran yang Anda alami, saudara perempuan sesungguhnya mencintai Anda. Perasaan ini membuat Anda jadi merasa lebih aman.
 
Penelitian Bringham Young juga menemukan bahwa memiliki saudara perempuan, merasa lebih dicintai daripada mereka yang tidak memiliki. Ini terutama terjadi pada remaja yang mengalami masa-masa sulit dalam kehidupan mereka.

Baca juga: Agar Hubungan Tetap Hangat di Tengah Kesibukan

-Saudara perempuan membuat risiko bercerai Anda berkurang

Hidup bersama saudara perempuan sejak kecil membuat Anda terbiasa untuk hidup dengan orang lain. Sebuah penelitian telah menemukan bahwa semakin banyak saudara kandung seseorang, semakin besar kemungkinan mereka untuk menangani pernikahan mereka dan menghindari perceraian.
 
Menurut profesor sosiologi, Donna Bobbitt-Zeher, dengan setiap saudara kandung yang dimiliki seseorang, kemungkinan perceraian berkurang dua persen.

-Saudara perempuan membuat Anda lebih komunikatif

Komunikasi adalah kunci untuk membuat hubungan menjadi lebih harmonis. Terima kasih kepada saudara perempuan yang sering mendengarkan curhatan Anda.
 
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa keluarga dengan setidaknya satu anak perempuan atau lebih, cenderung terlibat dalam percakapan dan mengekspresikan emosi. Sedangkan anak laki-laki cenderung memiliki pengaruh sebaliknya.

-Saudara perempuan membuat Anda mandiri

Melihat dia menyelesaikan masalah dan melibatkan Anda untuk membantunya membuat Anda jadi lebih mandiri dan berorientasi pada tujuan.
 
Sebuah penelitian di Universitas Ulster menemukan bahwa memiliki saudara perempuan juga menciptakan sosol yang lebih mandiri pada diri kita dan bertekad untuk mencapai tujuan mereka.
 
Ini khususnya terjadi di rumah tangga yang berantakan, di mana para saudara perempuan lebih cenderung mengandalkan satu sama lain, daripada orang tua mereka. Dengan seperti itu, mereka menciptakan sistem pendukung di antara mereka sendiri.
 
Melihat ada berbagai macam keuntungan memiliki saudara perempuan, mulai saat ini Anda harus lebih bersyukur akan kehadiran mereka.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif