Begini Cara Mencuci Kulit Wajah yang Benar (Foto: gettyimages)
Begini Cara Mencuci Kulit Wajah yang Benar (Foto: gettyimages)

Begini Cara Mencuci Kulit Wajah yang Benar

Rona kecantikan
Dhaifurrakhman Abas • 29 Desember 2018 19:41
Jakarta: Mencuci wajah tampaknya seperti aktivitas sederhana. Membasuh wajah, gosok, lalu, keringkan.
 
Tapi ternyata ada hal-hal yang harus diperhatikan dalam setiap teknik mencuci yang baik. Hal ini agar menghasilkan kulit wajah yang lebih terawat.
 
Lantas, seperti apa cara yang benar? Berikut adalah beberapa langkah yang perlu Anda ikuti, melansir Times of India.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hapus make-up
 
Jika Anda terus-menerus tidur mengenakan riasan, sebaiknya segera hentikan. Ini justru akan menyebabkan jerawat dan membuat kulit Anda kusam.
 
Kulit perlu waktu untuk "bernapas." Jadi, sebelum tidur pastikan riasan dihapus dengan benar. Anda dapat menggunakan penghapus rias berbasis minyak untuk menghilangkannya.
 
Hindari menggunakan sabun keras
 
Sabun yang keras menghilangkan hidrasi alami dari kulit dan akan membuat kulit terlihat kusam. Jadi, sebaiknya segera ganti jenis sabun wajah Anda.
 
Gunakan pembersih lembut yang tidak mengganggu keseimbangan pH kulit dengan berbahan halus. Anda juga dapat memilih sabun berbahan organik yang tersedia.
 
Gunakan air hangat
 
Banyak orang mencuci wajah mereka dengan air panas. Namun kebiasaan ini akan membuka pori-pori kulit yang berakibat pada kerusakan kulit.
 
Suhu air yang ekstrem dapat menyebabkan iritasi pada kulit Anda. Sehingga disarankan membasuh wajah cukup menggunakan air hangat.
 
Mencuci dengan cara yang benar
 
Cara yang tepat untuk membersihkan wajah Anda bukanlah menggunakan telapak tangan. Ini justru akan membuat ruam pada kulit.
 
Sementara yang paling baik adalah dengan menggunakan ujung jari. Gosok dengan lembut jari-jari Anda ke atas dalam gerakan memutar.
 
Ini akan mengencangkan kulit Anda dan secara alami akan mrngangkat sel-sel kulit mati. Prosesnya pun cukup dalam satu hingga dua menit.
 
Anda juga harus bisa menggunakan berbagai alat tambahan untuk membersihkan wajah. Misalnya spons yang lembut ataupun loofah.
 
Produk yang tepat
 
Banyak produk sabun pencuci wajah menggadang-gadang merupakan yang paling hebat dalam menjaga kulit Anda. Tapi sebaiknya Anda jangan langsung terperdaya.
 
Gunakan jumlah produk yang disarankan dokter kulit atau ahli kepercayaan Anda saja. Selain itu, Anda juga perlu membaca kandungan produk melalui label yang tertera, sebelum menggunakannya.
 
Keringkan dengan handuk lembut
 
Apakah Anda mengeringkannya wajah menggunakan handuk yang sama dengan yang Anda gunakan buat mengeringkan seluruh tubuh? Sebaiknya mulai sekarang Anda tinggalkan kebiasaan ini.
 
Sebab, handuk tersebut justru menyimpan bakteri dari berbagai bagian tubuh yang Anda keringkan. Gunakan handuk secara terpisah yang khusus buat menyeka wajah.
 
Memilih handuk juga tidak boleh sembarangan. Gunakan handuk berbahan lembut yang cocok buat kulit Anda.
 

 

 
 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif