Studi menunjukkan bahwa sangat penting untuk melakukan intervensi dini, sebelum pola perilaku ekstrem dan eksplosif berakar seumur hidup. (Foto: Pexels.com)
Studi menunjukkan bahwa sangat penting untuk melakukan intervensi dini, sebelum pola perilaku ekstrem dan eksplosif berakar seumur hidup. (Foto: Pexels.com)

Alasan Anak-anak Sangat Pemarah dan Agresif

Rona perkembangan anak
Anda Nurlaila • 01 Mei 2019 15:26
Survei lain baru-baru ini tentang penyedia perawatan anak, konselor sekolah dasar, dan dokter anak di Tarrant County Texas menemukan bahwa lebih dari 85 persen konselor yang merespons mengatakan bahwa anak TK saat ini memiliki lebih banyak masalah emosional dan/atau perilaku daripada lima tahun yang lalu.
 

Jakarta:
Saat marah, orang dewasa mungkin dapat mengendalikan perasaannya. Tetapi anak-anak akan langsung memperlihatkan ekspresi kemarahan mereka.
 
Meski amarah adalah emosi yang normal, agresivitas anak saat ini semakin meningkat. Seorang psikolog di Children's Mercy Hospital di Kansas City Edward Christophersen mengatakan kepada Parents, "Saya melihat ratusan anak setiap tahun, dan saya terkejut dengan tingkat agresivitas yang saya amati." 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tindakan agresif yang semakin nyata, bukan hanya terjadi di lingkungan rumah, tapi juga di tempat umum. Pelakunya bahkan dilakukan orang-orang di usia yang semakin muda. 
 
Sebuah penelitian baru-baru ini oleh Pusat Studi Anak Yale di New Haven menemukan anak-anak prasekolah dikeluarkan lebih dari tiga kali lipat daripada jumlah siswa kelas 12. 
 
Survei lain baru-baru ini tentang penyedia perawatan anak, konselor sekolah dasar, dan dokter anak di Tarrant County Texas menemukan bahwa lebih dari 85 persen konselor yang merespons mengatakan bahwa anak TK saat ini memiliki lebih banyak masalah emosional dan/atau perilaku daripada lima tahun yang lalu. Sebanyak 67 persen penyedia pengasuhan anak melaporkan tren yang sama dengan anak-anak kecil dalam perawatan mereka. 
 
"Ini terjadi di sekolah-sekolah di seluruh negeri," kata Ronald Stephens, direktur eksekutif Pusat Keamanan Sekolah Nasional di Westlake Village, CA. "Kami mendengar tentang anak-anak kelas satu dan TK yang mengutuk dan meninju guru dan memukul teman sekelas."
 
Studi menunjukkan bahwa sangat penting untuk melakukan intervensi dini, sebelum pola perilaku ekstrem dan eksplosif berakar seumur hidup. 
 
"Jika seorang anak masih sangat agresif pada usia delapan tahun, ia berisiko mengalami kekerasan pada masa remaja dan dewasa," kata Profesor pengembangan manusia di Cornell University di Ithaca, NY, dan penulis Parents Under Siege James Garbarino.
 
Alasan Anak-anak Sangat Pemarah dan Agresif
(Saat marah, orang dewasa mungkin dapat mengendalikan perasaannya. Tetapi anak-anak akan langsung memperlihatkan ekspresi kemarahan mereka. Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

Media penyebab kekerasan dan agresivitas?

Sebelum membantu anak-anak mengatasi kemarahan mereka, kita perlu memahami pemicunya yang ada di sekeliling mereka. Salah satunya adalah budaya media yang menolerir tingkat agresi yang makin tinggi. 
 
"Saat muda, kekerasan dalam film sebagian besar hanya di jam-jam malam dan ditonton kelompok dewasa. Hari ini, anak-anak lebih banyak terpapar kekerasan dari tontonan," ucap Garbarino.  
 
Salah satu contohnya perilaku agresi dalam tontonan yang dilakukan pahlawan. "Satu studi menunjukkan bahwa 40 persen kekerasan media dilakukan oleh 'orang baik,'" kata Garbarino. "Anak-anak belajar bahwa orang baik itu kejam."
 
Sebuah penelitian baru yang meneliti dampak media terhadap anak-anak prasekolah menunjukkan kenyataan yang lebih meresahkan.
 
Para peneliti di University of Washington di Seattle menemukan bahwa untuk setiap jam menonton televisi bagi anak berusia 4 tahun, risiko mereka menjadi pengganggu pada usia 6-11 meningkat sebesar 6 persen menjadi 9 persen.
 
Dalam penelitian lain, dari Institut Penelitian Sosial Universitas Michigan di Ann Arbor, anak perempuan 6-10 tahun yang sering menonton pertunjukan dengan protagonis agresif lebih mungkin berkembang menjadi orang dewasa yang pemarah daripada anak perempuan yang tidak menonton atau jarang menonton. 
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif