Mengontrol kandung kemih memang memerlukan keterampilan tersendiri seiring perkembangan anak. (Foto: Pixabay.com)
Mengontrol kandung kemih memang memerlukan keterampilan tersendiri seiring perkembangan anak. (Foto: Pixabay.com)

Normalkah Bila Si Kecil Sering Mengompol?

Rona perkembangan anak
08 Januari 2019 12:19
Jakarta: Di usia lima tahun, seharusnya anak sudah mulai belajar menggunakan toilet dan mampu mengendalikan buang air kecil sehingga tidak mengompol. Tetapi sebagian besar anak masih memiliki kebiasaan mengompol di atas usia lima tahun.
 
Bila anak selalu mengompol setiap malamnya, kemungkinan besar memiliki ukuran kandung kemih kecil atau memang belum punya kemampuan respons untuk bangun saat kandung kemihnya penuh. Namun masalah ini biasanya bisa hilang sendiri dengan seiring usianya.
 
Jika anak yang biasanya tidak mengompol kemudian mulai mengompol lagi itu disebabkan karena ganguan emosional, misalnya pindah rumah. Jika periode stres itu berlalu, maka ngompolnya pun akan berhenti.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(Baca juga: Saluran Cerna Anak Sensitif? Berikan Makanan Ini)
 

(Para dokter dalam The American Academy of Pediatrics menyarankan agar orang tua tidak memaksa anak atau menghukum mereka karena mengompol. Foto: Pixabay.com)
 
Cara terbaik untuk menanganinya adalah bersikap sewajar mungkin. Mengompol di usia lima tahun sebenarnya masih tergolong normal dan akan berhenti dengan sendirinya.
 
Para dokter dalam The American Academy of Pediatrics menyarankan agar orang tua tidak memaksa anak atau menghukum mereka karena mengompol.
 
Mengontrol kandung kemih memang memerlukan keterampilan tersendiri seiring perkembangan anak. Dan dibutuhkan waktu serta kesabaran. Bicarakan juga pada anak bahwa Anda mengerti kesulitannya dan akan membantunya.
 
Membiasakan anak untuk selalu buang air kecil sebelum tidur agar bisa membantunya. Sebaiknya sebelum tidur hindari anak minum terlalu banyak. Tak ada salahnya Anda memberikan si kecil hadiah bila tidak mengompol lagi.
 

Maria Fransiska
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi