Tips Mengupas Kulit Telur Rebus dengan Mudah

Raka Lestari 12 Maret 2018 07:23 WIB
tips & trik
Tips Mengupas Kulit Telur Rebus dengan Mudah
Telur yang lebih tua akan lebih mudah dikupas. Gunakan telur yang sudah ada di kulkas Anda setidaknya selama seminggu. (Foto: Natalie Rhea Riggs/Unsplash.com)
Jakarta: Tidak ada yang lebih menyebalkan daripada berusaha untuk mengupas kulit telur rebus yang tipis. Jika tidak teliti mengupasnya, justru malah bisa membuat sebagian kecil telur ikut terkelupas juga.

Atau bahkan bisa lebih buruk lagi, yaitu bisa merusak bagian putih telur secara keseluruhan. Agar proses pengelupasan kulit telur rebus mudah dilakukan, berikut ini ada beberapa tips dan trik yang bisa digunakan untuk mengupas kulit telur rebus dengan mudah.

1. Usia telur 
Telur yang lebih tua akan lebih mudah dikupas. Gunakan telur yang sudah ada di kulkas Anda setidaknya selama seminggu. "Jika telur sudah cukup umur, kelembapan akan berkurang sedikit demi sedikit melalui pori-pori yang terdapat pada cangkang yang menyebabkan kantung udara bisa melebar," ujar Jorie Nicole McDonald dari Southern Living. "Kantung udara yang lebar tersebut dapat membuat kulit telur lebih longgar sehingga mudah dlepaskan."


(Baca juga: Benarkah Kuning Telur Tak Baik untuk Kesehatan?)


(Telur yang lebih tua akan lebih mudah dikupas. Gunakan telur yang sudah ada di kulkas Anda setidaknya selama seminggu. Foto: Jasmine Waheed/Unsplash.com)

2. Rendam dalam air dingin
Rendam terlebih dahulu di dalam air dingin sebelum Anda merebus telur agar kulit telur mudah dikupas. Atau bisa juga dengan memecahkan sedikit bagian telur sebelum merendamnya dalam air dingin. Dengan melakukan hal tersebut, Anda akan membiarkan air merembes di bawah cangkang sehingga memudahkan pemisahan bagian putih telur saat Anda mengupasnya. 

3. Mulai mengupas pada ujung yang lebih lebar
Setelah telur Anda ditiriskan, kupas pada bagian cangkang yang lebih besar terlebih dahulu. Karena di sanalah kantung udara berada yang akan lebih mudah memasukkan jari Anda di bawah cangkang dan mengupasnya dalam jumlah yang lebih besar.

4. Kupas di bawah air mengalir
Jika Anda masih merasa kesulitan, kupaslah telur di bawah air yang mengalir yang bisa membuatnya lebih mudah mengupas cangkang telur. 









(TIN)