Melani Putria.(foto:Prita Daneswari/MI)
Melani Putria.(foto:Prita Daneswari/MI)

Menjaga Kesehatan ala Melanie Putria

Rona tips kesehatan
Sunnaholomi Halakrispen • 13 Juli 2019 16:15
Melanie Putria, membagikan tips berdasarkan pengalamannya menjaga pola hidup. Menurutnya saat ini berolahraga sudah menjadi kebutuhannya.
 

Jakarta: Menjaga kesehatan jadi kunci utama untuk bisa menjalani beragam aktivitas dengan leluasa dan nyaman. Salah satu public figure, Melanie Putria, membagikan tips berdasarkan pengalamannya menjaga pola hidup.
 
"Dulu aku sangat benci olahraga. Tapi karena 'kesamber gledek' di 'siang bolong' pas jadi Puteri Indonesia, disuruh olahraga. Sekarang menjalani gaya hidup sehat semuanya penyakit alhamdulillah enggak ada lagi di tubuh aku," ujar Melanie di area Plaza Festival, Kuningan, Jakarta Selatan.  

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Puteri Indonesia 2002 itu pun hingga kini masih berkomitmen menjaga kesehatan dengan berolahraga. Memang tidak mudah menjalankannya, bahkan diakuinya ada beragam hambatan yang menghampirinya.
 
"Godaan makan, capek aktivitas di mana saja. Tapi kalau dari awal sudah komit menjaga semua dengan baik dan niat yang benar-benar dituangkan. Niatnya jangan buat langsing tapi buat sehat dulu," akunya.
 
Komitmen yang dijaga termasuk tidur yang cukup, tidur yang cukup, tidur yang berkualitas, serta makan makanan sehat. Dia juga menjaga diri agar jauh dari stres, atau setidaknya mengontrol diri saat stres dan penat.
 
Segala proses dijalaninya karena tidak ada yang instan. Tapi tetap diyakini sebagai bentuk investasi agar bisa tetap sehat dan kuat saat tua nantinya.
 
Meskipun merasa ngantuk di jam tertentu, Melanie bisa kembali fit saat berlari dan melanjutkan beragam pekerjaannya. Badan akan bereaksi bugar. Hal ini karena menjaga asupan makanan, sudah terbiasa berolahraga, dan minum vitamin C.
 
Bahkan saat hamil, berat badannya naik menjadi 70 kilogram. Padahal, berat badan idealnya di angka 52 kilogram agar terlihat bagus dan tidak mudah terserang penyakit. Setahun setelah melahirkan, berat badannya kembali, efek dari olahraga lari. 
 
"Latihan lari hampir setiap hari, falam sehari biasanya 1-2 jam, 5-10 kilogram, tapi diselingi dengan strength training. Latihan dengan treadmill enggak cuma fisik tapi mental mengatasi bosan karena enggak ada temannya dan pemandangannya itu-itu saja," tuturnya.
 
Melanie menekankan, menjalani diet merupakan mengatur pola makan. Maka, jangan sampai menyiksa diri yang berujung boomerang atau mengakibatkan jatuh sakit. Misalnya, tidak mengonsumsi karbohidrat dna menyebabkan lesu.
 
"Begitu aku belajar bahwa pelari itu butuh bahan bakar yaitu gula, baru deh aku belajar makan karbohidrat. Jadi aku makan karbohidrat terus karena butuh bensin untuk larinya. Pokoknya pola makan gizi seimbang, karena efeknya bakalan panjang kalau metabolisme turun dan sebagainya," papar dia.
 
Menjaga kesehatan ynag memerhatikan pola makan, olahraga, dan tidur, harus diimbangi dengan mindset positif. Sebab, apapun tidak berhasil jika tidak ada niat atau tekad yang bulat. Kemudian, lakukan pembiasaan gaya hidup sehat itu setidaknya selama tiga bulan pertama.
 
"Ada saja cobaan di tiga bulan pertama. Setelah melalui tiga bulan, rasanya akan menjadi lebih mudah. Akan menolak dikasih makan tidak sehat, bahkan bisa diare," pungkas Melanie.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif