Barang-barang dan beberapa produk kecantikan yang Anda miliki sebaiknya diganti secara berkala--Ilustrasi--Pexels
Barang-barang dan beberapa produk kecantikan yang Anda miliki sebaiknya diganti secara berkala--Ilustrasi--Pexels

Tips Mengganti Alat-Alat Kecantikan

Rona kecantikan
Raka Lestari • 09 November 2019 06:05
Jakarta: Barang-barang dan beberapa produk kecantikan yang Anda miliki sebaiknya diganti secara berkala. Hal ini berguna untuk menghindari terjadinya penumpukan bakteri atau kuman yang tidak baik bagi tubuh Anda. Setiap barang dan produk-produk kecantikan memiliki masa penggunaan yang berbeda-beda.
 
Berikut ini adalah barang-barang dan produk kecantikan yang sebaiknya Anda ganti secara berkala:
 
Ganti maskara setiap tiga bulan

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mengganti maskara secara rutin sangat penting demi kesehatan bulu mata Anda. Itulah sebabnya mengapa Anda harus mengganti maskara setiap tiga bulan untuk menghindari risiko kontaminasi bakteri dan virus.
 
“Segala sesuatu yang lembap, yang menyentuh bagian tubuh Anda seperti mata, bibir, dan kulit memiliki waktu simpan yang lebih singkat,” ujar Joshua Zeichner, MD, Direktur Cosmetic and Clinical Research Department of Dermatology di Mount Sinai Hospital.
 
Ganti spons untuk make up setiap tiga sampai empat bulan
 
"Jika spons sekali pakai ini tidak diganti setiap beberapa bulan, atau jika ada perubahan warna, mereka bisa menjadi tempat berkembang biaknya jamur," kata Dr Zeichner.
 
Selalu cuci dan keringkan spons untuk make up Anda dengan seksama setiap kali digunakan untuk meminimalkan penumpukan bakteri yang dapat menyebabkan berjerawat. Buang spons dalam waktu kurang dari tiga bulan jika bentuknya sudah mulai pecah atau hancur.
 
Ganti sikat gigi setiap tiga bulan
 
Untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, Anda perlu menggunakan sikat gigi untuk membersihkan gigi lebih efektif. “Jika bulu-bulu sikat sudah tidak berdiri tegak, maka sikat gigi sudah tidak membersihkan secara efektif dan Anda sudah pasti harus membuangnya,” ujar Dr Zaichner.
 
Buang lip balm setiap enam bulan atau satu tahun
 
Ahli estetika berlisensi Jennifer Aimi, LE, memperingatkan bahwa Anda harus mengganti lip balm atau perawatan bibir lainnya setiap enam bulan hingga satu tahun. Terutama jika lip balm atau perawatan bibir Anda berbentuk pot yang mengharuskan Anda mencelupkan jari ke dalamnya.
 
“Selain itu juga Anda harus mengikuti instruksi yang ada pada produk,” ujar Aimi. “Dan jangan pernah membaginya dengan orang lain,” terangnya.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif