Dancow didukung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menggelar Dancow Kreasi Anak Indonesia (DKAI). (Foto: Kumara/Medcom.id)
Dancow didukung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menggelar Dancow Kreasi Anak Indonesia (DKAI). (Foto: Kumara/Medcom.id)

Membangun Kreativitas dan Kepedulian Lingkungan Melalui Kompetisi

Rona tumbuh kembang anak
Kumara Anggita • 05 November 2019 15:15
Jakarta: Dalam masa perkembangan, anak-anak bagusnya dibiasakan untuk menjadi kreatif dan peduli pada permasalahan sekitar. Untuk itu, Dancow didukung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menggelar Dancow Kreasi Anak (DKAI).
 
Anak-anak diajak untuk membuat ide kreasi di bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Nutrisi, Lingkungan, Seni dan Kreativitas. Lalu karya mereka dikompetisikan dalam acara ini. DKAI sendiri ditujukan bagi siswa kelas 3-5 SD dan diikuti lebih dari 1.200 pendaftar.
 
Direktur Pembinaan Sekolah Dasar, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, H. Khamim menyambut baik acara DKAI. Baginya, program ini merupakan salah satu upaya yang dapat membantu pemerintah khususnya Direktorar Pembinaan SD Ditjen Dijdasmen Kemendikbud dalam mewujudkan generasi kompetitif, berkarakter, berkualitas, dan adaptif terhadap perubahan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Peningkatan daya saing regional merupakan salah satu poin yang diangkat dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2019," ujar Khamim di Jakarta, Selasa, 5 November 2019.
 
Melalui program ini, para siswa diharapkan dapat mengoptimalkan daya juang, kerja keras, kemandirian, serta membangun komunikasi yang baik antar sesama. Dengan begitu, selain kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan sosial, mereka juga dapat membangun kepribadian yang berkarakter sebagai putra dan putri Indonesia, calon pemimpin Indonesia yang hebat di masa depan.
 
"Tak hanya siswa, para pengajar pun dapat semakin termotivasi dalam memberikan pelajaran-pelajaran yang berkualitas, sehingga bersama debgan anak didiknya dapat berinovasi menjawab tantangan-tantangan yang diberikan," lanjutnya.
 
Membangun Kreativitas dan Kepedulian Lingkungan Melalui Kompetisi
 
Business Executive Offcier Dairy PT. Nestle Indonesia, Windy Cahyaning Wulan mengatakan, berkomitmen dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan optimal anak. Dancow Fortigro menyadari bahwa anak Indonesia memiliki potensi yang besar sebagai inovator masa depan.
 
"Karenanya, kami pun tergerak untuk menggelar lrogram yanh dapat memberikan kesempatan kepada anak Indonesia dalam menuangkan kreativitasnya," papar Windy.
 
Hari ini para pemenang diumumkan. Kategori Nutrisi dimenangkan oleh SDN Cempaka Putih 03 Jakarta, dengan karyanya yang berjudul Menguji Kandungan Makanan Berformalin dan Boraks. Kategori Seni dan Kreativitas SD dimenangkan oleh SD Dinoyo Malang dengan Tari Lampak (Pilah Sampah).
 
Kategori Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dimenangkan oleh SD Santa Clara Surabaya, dengan Plastik Biodegradable Ramah Lingkungan. Dan terakhir, kategori Lingkungan dimenangkan oleh SDIT Al Hikmah, Bekasi dengan Robot Pembersih daun di Sekolah.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif