Alasan lain yang disukai anak-anak sering melepaskan pakaian mereka adalah untuk menunjukkan kemampuan baru yang mereka miliki. (Foto: Pexels.com)
Alasan lain yang disukai anak-anak sering melepaskan pakaian mereka adalah untuk menunjukkan kemampuan baru yang mereka miliki. (Foto: Pexels.com)

Alasan Bayi Suka Melepas Bajunya

Rona perkembangan anak
Raka Lestari • 12 Juni 2019 13:48
Ada hal unik pada balita, terkadang mereka suka melakukan hal yang tak terduga seperti misalnya membuka bajunya. Menurut Maureen Healy, penulis The Emotionally Healthy Child dan pakar perkembangan anak di Growinghappykids menjabarkan bahwa alasan utama balita melepas pakaian mereka adalah ketidaknyamanan. Ini masuk pada perkembangan mereka yaitu mereka ingin menunjukkan kemampuan tersebut walaupun orang tua menganggap hal tersebut dilakukan di waktu yang tidak tepat.
 

 
Jakarta: Balita terkadang melakukan suatu kebiasaan yang cukup unik, yaitu melepaskan bajunya setelah dipakai. Hal ini tentu akan mengganggu jika keluarga sedang ingin bepergian dan anak-anak terus melepas baju mereka.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Beberapa alasan bisa menjadi penyebab mengapa anak Anda terus menerus melepas pakaian mereka. Namun ada alasan lain mengapa para balita sering melakukan kebiasaan tersebut.
 
"Alasan utama balita melepas pakaian mereka adalah ketidaknyamanan," ujar Maureen Healy, penulis The Emotionally Healthy Child dan pakar perkembangan anak di Growinghappykids menjelaskan pada Romper.
 
"Mungkin saja mereka memiliki celana favorit yang selalu ingin dipakai. Anak-anak juga terkadang merasa diperhatikan ketika orang tuanya mengenakan pakaian untuk mereka sehingga melepas pakaiannya berkali-kali."
 
Healy mengatakan alasan lain yang disukai anak-anak sering melepaskan pakaian mereka adalah untuk menunjukkan kemampuan baru yang mereka miliki.
 
Alasan Bayi Suka Melepas Bajunya
(Menurut Maureen Healy, penulis The Emotionally Healthy Child dan pakar perkembangan anak di Growinghappykids menjabarkan bahwa alasan utama balita melepas pakaian mereka adalah ketidaknyamanan. Foto: Pexels.com)
 
Ketika mereka bisa memakai pakaiannya, atau dalam hal ini melepaskan pakaiannya mereka ingin menunjukkan kemampuan tersebut bahkan meskipun orang tua menganggap hal tersebut dilakukan di waktu dan tempat yang tidak tepat.
 
Terlepas dari alasan yang disebutkan di atas, Healy mengatakan kebiasaan anak-anak melepaskan pakaian mereka secara umum merupakan hal yang normal. "Anak Anda sedang melakukan apa yang membuat mereka nyaman, salah satunya adalah melepaskan pakaian mereka tersebut."
 
Healy mengatakan, peran orang tua sangat penting ketika anak-anak melakukan kebiasaan tersebut terutama jika melakukannya di tempat umum.
 
"Orang tua dapat membantu untuk menenangkan anak-anak mereka jika anak-anak melakukan hal tersebut," tambahnya. Cara terbaik menurut Healy adalah dengan tidak menghakimi anak-anak. Ajarkan mereka secara perlahan untuk kembali memakai baju atau celana mereka.
 
"Sering kali situasi ini membutuhkan kesabaran yang lebih besar pada orang tua untuk membuat anak-anak memakai kembali baju mereka. Dengan memuji atau menjanjikannya untuk memberi hadiah bisa menjadi pilihan," tambah Healy.
 
Pilihan lainnya adalah dengan memiliki satu set pakaian cadangan yang membuat mereka nyaman jika anak Anda tidak merasa nyaman dengan pakaiannya, sehingga mereka tidak melepaskan pakaian mereka terus menerus.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif