Lima Cara Menjaga Bayi Tetap Sehat
Berikut ini beberapa langkah agar si kecil terhindar dari berbagai macam penyakit. (Foto: Shelby Miller/Unsplash.com)
Jakarta: Kehadiran bayi di tengah-tengah keluarga selalu menjadi momen istimewa. Wajahnya yang lucu, kulit bersih, dan pipinya yang gembil membuat semua orang gemas untuk memeluknya.

Namun tak semua tamu yang mengunjungi si kecil dalam keadaan sehat. Anda juga perlu menjaganya dari flu dan pilek yang mungkin saja diderita oleh tamu. Jangan sampai si kecil tertular.

Berikut ini beberapa langkah agar si kecil terhindar dari berbagai macam penyakit.


(Baca juga: Makanan Sehat untuk Bayi)

1. Menjaga bayi tetap hangat
Penting untuk menjaga bayi dalam suhu optimal agar tidak mudah jatuh sakit. Bayi perlu waktu untuk belajar mengatur suhu tubuhnya.

Kontak kulit ke kulit merupakan cara terbaik untuk memastikan bayi tetap hangat dan nyaman. Anda juga perlu membungkus bayi dengan tepat yang bisa membuatnya nyaman dan membantu mempercepat perkembangan sistem kekebalan tubuh.

2. Cuci tangan sebelum memegang bayi
Kesalahan umum yang sering dilakukan ialah lupa mencuci tangan ketika hendak memegang bayi. Sistem kekebalan tubuh bayi masih belum terbentuk sempurna, sehingga rentan sakit. Untuk itu pastikan Anda sudah mencuci tangan ketika ingin memegang bayi. Anda juga tidak perlu ragu untuk mengingatkan tamu untuk mencuci tangannya jika ingin menggendong bayi Anda.

3. Jangan biarkan orang asing mencium bayi
Selalu ada hasrat untuk mencubit pipi bayi yang tembam, bahkan juga ingin menciumnya. Sebaiknya beritahukan kepada para tamu untuk tidak mencium karena dapat mudah tertular penyakit.

4. Beri ASI
Air Susu Ibu (ASI) adalah satu-satunya yang dibutuhkan oleh bayi Anda untuk tumbuh sehat dan membangun sistem kekebalan tubuh yang kuat untuk dirinya sendiri. ASI adalah hadiah paling penting untuk membentuk kesehatan mereka dalam jangka panjang.

5. Jangan lewatkan vaksinasi
Para orang tua disarankan untuk secara ketat mengikuti jadwal vaksinasi. Sebab vaksinasi yang tepat waktu akan memberikan bayi Anda perlindungan terhadap penyakit seperti batuk dan tetanus.






(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id