Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mematangkan pisang. Berikut ini tipsnya. (Foto: Pexels.com)
Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mematangkan pisang. Berikut ini tipsnya. (Foto: Pexels.com)

Cara Cepat Mematangkan Pisang

Rona tips & trik cara mematangkan pisang
Kumara Anggita • 25 Mei 2020 15:00
Jakarta: Pisang yang biasa Anda beli di supermarket biasanya warnanya masih hijau, kalaupun sudah kuning kadang rasanya juga masih tawar. Hal ini bikin beberapa orang jadi agak kesal karena tak sabar menunggu pisang tersebut matang.
 
Bila Anda salah satu di antaranya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mematangkan pisang dilansir dari RD.

1. Bagaimana pisang matang?

Hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah mengetahui bagaimana pisang bisa matang. Ada sesuatu dalam pisang yang disebut dengan Ethylene. Ini adalah gas yang ditemukan di banyak buah-buahan dan sayuran. 
 
Ethylene bertanggung jawab atas proses pematangan, yang bisa memakan waktu 24 jam hingga satu minggu. Pisang hijau belum matang dan belum mengubah semua pati menjadi gula. Itulah sebabnya menggigit pisang-pisang macam ini terasa lebih seperti kentang mentah daripada buah yang manis.

2. Bagaimana cara mematangkan pisang dengan cepat?

Untuk membuat pisang lebih cepat matang, dorong efek etilen dengan memasukkan buah-buahan ke dalam kantong kertas yang terlipat. Saran tambahan lainnya, jika Anda memiliki buah matang lainnya, seperti apel, dapat ditambahkan ke kantong, yang juga melepaskan etilen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pisang hijau berkulit tebal Anda akan melunak dan menguning, kemudian mengembangkan bintik-bintik coklat, dan akhirnya, berubah menjadi coklat atau hitam. 
 
Pisang kuning dengan bercak coklat manis dan enak dimakan segar. Pisang gelap sangat lembut dan manis, ideal untuk dicampur pada kue dan roti. Periksa setiap hari untuk melihat apakah pisangnya sudah cukup matang.

3. Adakah cara mematangkan pisang lebih cepat lagi?

Jawabannya ada. Pertama, Anda bisa menggunakan oven. Hangatkan pisang yang belum dikupas di atas loyang dalam oven dengan suhu 250 derajat selama 15-20 menit.
 
Ini tidak seefektif membiarkan pisang matang secara alami, tetapi akan melunakkan dan mempermanis buah Anda dalam keadaan darurat.
 
Sebagai alternatif, masukkan pisang Anda ke dalam freezer selama beberapa jam. Kulitnya akan menghitam, tetapi buahnya tidak akan menjadi selembut atau semanis mereka matang di suhu ruangan.
 
Metode ini sangat ideal untuk resep yang membutuhkan pisang matang. Ini juga berguna jika Anda ingin mematangkan pisang tanpa kantong kertas. Selamat mencoba!

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif