Ilustrasi-Pexels
Ilustrasi-Pexels

Keuntungan Anak Mengikuti Homeschooling

Rona keluarga pendidikan anak
Kumara Anggita • 25 Juni 2020 09:09
Jakarta: Homeschooling adalah tempat di mana anak melakukan kegiatan akademik di rumah dan di bawah pengarahan orang tua. Beberapa orang tertarik untuk memilih kegiatan belajar mengajar seperti ini karena menguntungkan.
 
Prihatini S.pd, Founder dan Kepala dari Sekolah HS Bintan Harapan memaparkan kelebihan atau keuntungan dari homeschooling antara lain:
 
1. Bisa belajar di mana dan kapan saja.
2. Bisa mengembangkan bakat atau talenta lebih maksimal tanpa terbatasi 'keseragaman' sekolah formal.
3. Bisa menyesuaikan program pembelajaran dengan kurikulum.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Legalitas raport dan ijasah sudah diatur oleh pemerintah dalam UU No. 20 Sisdiknas Pasal 27, PP No. 17 No 2010, Permendikbud No. 129 tahun 2014,” ujarn Prihatini di Aplikasi Orami Parenting dengan tema homeschooling di masa pandemi dan new normal.
 
Prihatini melanjutkan ada beberapa alasan masyarakat memilih homeschooling. Biasanya karena anaknya ingin mengembangkan bakat tertentu, orang tua sering berpindah kota, anak-anak berbakat, dan anak dengan kebutuhan khusus.
 
Selain itu, menurutnya di masa pandemi ini, homeschooling semakin terasa menguntungkan. Ini karena murid-muridnya tidak perlu beradaptasi lagi.
 
“Karena homeschooling tidak dibatasi ruang dan waktu maka di masa pandemi ini homeschooling tidak terganggu semua murid homeschooling bisa belajar dan memang sudah terbiasa tidak menjadi panik, begitu juga dengan orang tua,” pungkas Prihatini.
 

(FIR)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif