Ilustrasi--Foto:pexels.com
Ilustrasi--Foto:pexels.com

Pertemanan di Kantor Tingkatkan Produktivitas Kerja?

Rona perkantoran psikologi
Dhaifurrakhman Abas • 17 Juni 2019 16:29
Karakteristik perkerja yang berbeda tersaji di lingkungan kantor. Ada yang memilih untuk berteman dengan banyak orang, ada juga yang membatasi pertemanan. Penelitian Rutgers University menyebutkan bahwa punya banyak teman di lingkungan kantor mampu mendongkrak produktivitas.
 
Jakarta:
Mungkin tidak semua orang memiliki teman baik di tempat kerja. Pertemanan yang dijalin biasanya hanya sekadar batas hubungan profesional saja, tidak lebih.
 
Terlepas dari apapun alasannya, sebetulnya memilih langkah seperti itu sah-sah saja. Lantas apakah pertemanan di kantor dapat meningkatkan produktifitas kerja?

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebuah studi yang diteliti Rutgers University menjawab pertanyaan di atas. Punya banyak karib di tempat kerja disebut menimbulkan dampak positif. Salah satunya membantu meningkatkan produktivitas.
 
Pemimpin penelitian, Jessica Methot mengatakan studi tersebut dibuktikan dengan menguji 168 orang karyawan di sebuah perusahaan yang tak disebutkan.
 
“Kami mengubah pengaturan tempat duduk mereka untuk sementara waktu. Sehingga mereka dapat berinteraksi lebih baik dengan karyawan lain dari tim yang berbeda,” ujar Methot, dilansir Times of India.
 
Selanjutnya, para peserta diminta menyebutkan 10 kolega yang akan mereka dekati, terkait pekerjaan dan 10 rekan kerja yang mereka anggap teman. Peserta penelitian juga ditanyai pertanyaan terkait dengan lingkungan kerja dan kelelahan emosional mereka.
 
“Setelah empat hingga enam minggu, kami meminta para manajer peserta ini untuk menilai kinerja mereka,” ujar Methot.
 
Yang menarik, karyawan yang memiliki banyak teman dikaitkan dengan peningkatan produktivitas kerja. Apalagi ketika mereka dihadapkan pada jaringan pertemanan baru. Methot bilang, alasan terbesar yang meningkatkan produktivitas kerja karyawan adalah selalu ada seseorang yang bisa Anda minta bantuan terkait pekerjaan.
 
“Lebih lagi, ketika mereka meminta bantuan tanpa takut dihakimi,” beber dia.
 
Pertemanan di Kantor Tingkatkan Produktivitas Kerja?
Ilustrasi--Foto:pexels.com
 
Methot mengatakan, produktivitas meningkat karena memiliki banyak teman di tempat kerja membuat suasana hati yang baik lebih. Mereka juga saling bisa berbagi wawasaan soal informasi internal maupun informal.
 
Meski begitu, memiliki banyak teman di kantor juga memiliki kelemahan. Menurut Methot, karyawan lebih mungkin menjadi lelet dalam bekerja dan mengambil waktu istirahat yang lebih banyak.
 
Selain itu, ikatan yang erat dengan rekan kerja juga dapat menyebabkan kelelahan emosional dan bikin stres pada waktu-waktu tertentu. Utamanya saat masa promosi jabatan.
 
“Namun, lebih banyak nilai positifnya. Kesimpulannya, membuat ikatan erat dengan kolega mungkin bisa menguras emosi tetapi secara keseluruhan itu membantu untuk meningkatkan produktivitas seseorang,” tandasnya.
 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif