Mencegah Varises juga bisa menaikkan kaki ke tempat yang lebih tinggi dari posisi ibu duduk. Lakukan selama 20 menit. (Foto: Jessica Monte/Pexels)
Mencegah Varises juga bisa menaikkan kaki ke tempat yang lebih tinggi dari posisi ibu duduk. Lakukan selama 20 menit. (Foto: Jessica Monte/Pexels)

Cara Mengantisipasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Rona kehamilan
A. Firdaus • 10 Oktober 2019 06:00
Jakarta: Ketika menjalani masa kehamilan, ada saja perubahan fisik yang dialami oleh para ibu. Seperti mengalami pembengkakan, terutama pada bagian kaki.
 
Perubahan fisik tersebut dinilai wajar oleh dr. Dhely Lestama Atmadikoesoemah, Sp. OG. Menurutnya, pembengkakan atau di dunia medis dikenal dengan Varises, terjadi pada trimester terakhir kehamilan. Itu terjadi karena disebabkan oleh adanya penumpukan pembuluh darah vena.
 
"Pembuluh darah vena besar yang ke arah sentral terbendung oleh kondisi kehamilan di mana kehamilan tadi menekan balik pembuluh darah tersebut. Sehingga menyebabkan ekstravasasi cairan dari pembuluh darah ke ruang antara jaringan-jaringan di bawah kulit dan otot sehingga timbul pembengkakan," ucap dr. Dhely yang juga Dokter spesialis kebidanan dan kandungan RS Pondok Indah - Puri Indah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jadi penyebab kenaikan ibu hamil itu lantaran cairan tersebut. Dalam artian, penyebab berat badan tidak melulu karena lemak.
 
Untuk mengantisipasinya, dr. Dhely punya beberapa tips. Paling tidak untuk menyiasatinya. Seperti menggunakan stocking khusus kehamilan, jika ada ibu hamil yang kurang percaya diri dengan kondisi tersebut.
 
"Mencegah Varises juga bisa menaikkan kaki ke tempat yang lebih tinggi dari posisi ibu duduk. Lakukan selama 20 menit," sambung dr. Dhely.
 
Walaupun ketika berjalan nanti akan timbul kembali bengkaknya, seenggaknya bisa mengurangi varises tersebut. Kemudian banyak melakukan kegiatan berjalan dan jangan hanya diam, serta duduk saja.
 
"Karena kalau kita aktif berjalan, otomatis turbulensi aliran darah kita lebih lancar, sirkulasi lancar. Sehingga cairan tadi tidak terpusat di kaki," tutup dr. Dhely.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif