Berikut ini tips fun portrait yang bisa Anda lakukan di rumah.  (Foto: Dok. Andrew Inguanez)
Berikut ini tips fun portrait yang bisa Anda lakukan di rumah. (Foto: Dok. Andrew Inguanez)

Tips Fun Portrait agar Tetap Kreatif di Rumah

Rona tips & trik
Sunnaholomi Halakrispen • 24 Juni 2020 08:00
Jakarta: Sejumlah daerah memasuki era baru atau kenormalan baru dalam penanganan covid-19. Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang semula ketat mulai dilonggarkan di sejumlah wilayah, bahkan beberapa sektor pariwisata kini kembali beroperasi.
 
Syaratnya, protokol kesehatan demi pencegahan penyebaran covid-19 harus dijalankan secara masif. Sebab, saat ini menjadi masa transisi menuju kenormalan baru, transisi menuju masyarakat yang sehat, aman, dan produktif.
 
Namun, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan juga meminta agar pekerjaan yang bisa dilakukan di rumah sebaiknya dilakukan di rumah. Tidak sedikit juga pekerjaan yang bisa dikerjakan tanpa harus ke kantor. Semula kerja di rumah terasa sulit, tapi dengan adaptasi secara perlahan, banyak orang yang merasakan manfaat kerja di rumah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Situasi yang mengakibatkan berbagai aktivitas terbatas justru memancing pikiran untuk berkreasi. Kreatifitas fun portait pun sebenarnya tidak harus dilakukan di luar rumah apalagi yang mengharuskan bepergian dalam waktu lama. 
Berikut tips agar tetap kreatif di rumah ala iBox.
 
Pertama, luangkan waktu untuk melakukan hobi di tengah kesibukan bekerja
Apabila kesehatan raga dan mental terjaga, Anda akan lebih merasa tenang dan bahagia menjalani kenormalan baru. Aktivitas seperti menggambar, menulis, dan memasak memancing kreativitas otak kita.
 
Selain baik untuk kecerdasan motorik, kebiasaan menggambar menjadi indikasi anak memiliki kecerdasan tinggi. Kemampuan ini pun bisa diasah, bahkan Pablo Picasso pernah mengatakan bahwa setiap anak pada dasarnya merupakan seniman.
 
Tips <i>Fun</i> <i>Portrait</i> agar Tetap Kreatif di Rumah
(Jangan batasi kreatifitas Anda. Foto: Dok. Stefanie Ramos)
 
Salah satu cara agar tetap kreatif di rumah selama pandemi covid-19 ialah membuat fun portrait yang bisa menggunakan gadget kesayangan Anda, misalnya iPad. 
 
Sebelum membuat fun portrait, tentukan terlebih dahulu sudut rumah atau ruangan yang sekiranya layak untuk foto portrait dan dijadikan backdrop.
 
Usahakan foto dengan backdrop polos atau maksimal dua warna, supaya foto semakin mudah untuk disunting atau diubah. 
 
Tips selanjutnya, pertimbangkan faktor pencahayaan agar semua warna terlihat dengan jelas.
 
Usai menentukan backdrop sesuai selera, jangan lupa untuk menentukan pakaian terbaik. Tidak perlu membeli baju baru. Cobalah membuat penampilan menarik dari perpaduan baju yang ada di lemari Anda. Tambahkan juga aksesoris penunjang penampilan.
 
Kemudian, Anda bisa foto dengan berbagai pose. Pose bisa Anda sesuaikan dengan doodle yang akan dibuat. Setelah itu, bisa dilanjutkan menggambar di foto-foto terbaik, misalnya menggunakan Apple Pencil.
 
Setelah berkreasi dalam menentukan backdrop, cahaya, pakaian, dan pose, kreativitas Anda bisa diasah dengan drawing photos atau membuat note di foto. Apabila tidak ada ide membuat gambar yang bagus, Anda bisa memulainya dengan sketch. 
 
Berikan gambar-gambar sederhana, kemudian pilih warna selain warna netral, sehingga fun portrait menjadi lebih terkesan colorful. 
 
Jika sudah selesai menyuntingnya, simpanlah hasil karya Anda. Langkah terakhir, Anda bisa segera mengunggahnya ke media sosial.
 

(TIN)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif