Begini cara mengetahui kondisi telur yang masih baik dan sudah busuk. (Foto: Pexels.com)
Begini cara mengetahui kondisi telur yang masih baik dan sudah busuk. (Foto: Pexels.com)

Cara Mudah Ketahui Kondisi Telur yang Masih Bagus

Rona telur tips & trik
Sunnaholomi Halakrispen • 25 Mei 2020 08:00
Jakarta: Saat membeli telur, Anda bisa memastikan telurnya cukup segar atau kondisinya baik. Kemudian setelah membelinya dan hendak menyimpannya, sebaiknya Anda segera mencantumkan tanggal pembelian. 
 
Kondisi telur berbeda jika Anda menyimpannya di wadah lain seperti di lemari es atau suhu ruang. Kondisinya juga berbeda ketika Anda membelinya di pasar, warung, maupun supermarket.
 
Seiring berjalannya waktu, Anda mungkin tidak ingat kapan tepatnya Anda membelinya dan sudah berapa lama telur itu berada di lemari es. Apabila Anda lupa menuliskan tanggal pembelian, lakukanlah tes dengan cara cepat dan mudah untuk melihat apakah telur-telur di lemari es Anda masih aman digunakan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dilansir dari Reader's Digest, telur yang rusak sangat mudah dideteksi begitu Anda membukanya. Tetapi, ada cara lain untuk mengetahui apakah telur Anda dapat digunakan atau tidak, tanpa harus memecahkan cangkangnya. 

Tes float

Salah satunya, dengan melakukan tes float. Kuncinya, telur yang buruk akan mengapung. Ini ada hubungannya dengan cara ketika kelembapan bisa menguap melalui cangkang seiring bertambahnya usia telur. Saat tingkat kelembapannya menurun, gelembung udara di dalam cangkang tumbuh. 
 
Cara Mudah Ketahui Kondisi Telur yang Masih Bagus
(Tes mengambangkan telur bisa Anda lakukan untuk mengetahui kondisi telur yang baik dan buruk. Foto: Dok. Reader's Digest)
 
Salah satu cara untuk menguji ini adalah dengan memegang telur dan mendekatkannya ke telinga Anda. Kemudian, ketika mengocoknya dan Anda mendengar telur seperti berlendir, itu pertanda buruk. 
 
Tetapi jika Anda dengan lembut meletakkan telur dalam gelas atau mangkuk berisi air, itu adalah cara untuk mengetahui apakah telur masih bagus menggunakan uji float. Anda juga bisa mengukur seberapa segar telur itu. Anda bisa mengetahuinya dengan memerhatikan gelembung udara akan muncul dari cangkang telur itu.
 
Kemudian, coba endapkan telur di dalam air. Jika posisi telur terletak secara horizontal, itu pertanda bahwa telur ini dalam kondisi paling segar.
 
Sedangkan, jika ujung telur yang sempit terlihat miring ke atas, telur masih dapat digunakan, tetapi tidak cukup segar. Telur yang miring akan lebih baik digunakan untuk membuat meringue atau whip dari putih telur, karena telur yang usia simpannya lebih tua akan lebih cocok membuat adonan itu.
 
Jika telur berdiri tegak tetapi posisinya masih berada di bagian bawah wadah, telur sudah melewati masanya, tetapi masih terbilang aman dikonsumsi. Telur dengan kondisi ini bisa digunakan untuk memanggang atau merebusnya.
 
Namun, apabila posisi telur mengapung, segeralah menyingkirkannya. Sebab, itu pertanda bahwa telur yang Anda simpan sudah tidak layak untuk dikonsumsi.

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif