Konferensi pers N’Pure Marigold. Foto: Raka/Medcom.id)
Konferensi pers N’Pure Marigold. Foto: Raka/Medcom.id)

Manfaat Ekstrak Marigold untuk Kecantikan

Rona kecantikan
Raka Lestari • 28 November 2019 11:00
Jakarta: Bunga marigold atau yang memiliki nama latin Calendula officinalis memiliki manfaat yang tidak kalah dengan bunga-bunga lainnya untuk kecantikan. Bunga ini banyak ditemukan di kawasan Mediterania dengan warna-warna yang cerah seperti kuning dan jingga. Ekstrak bunga marigold sendiri dipercaya dapat berfungsi sebagai antioksidan dan anti inflamasi.
 
“Ekstrak marigold memiliki banyak kandungan aktif yang memang sudah diuji secara klinis bahwa kandungannya berfungsi untuk antioksidan, anti inflamasi, dan dapat meningkatkan imunitas kulit,” ujar Dr. Inneke Jane Hidajat, SpKK,M.Kes., seorang dermatologist, pada acara konferensi pers N’Pure Marigold, di kawasan Jakarta Selatan.
 
Menurutnya, antioksidan sangat penting untuk kulit. Terutama di Indonesia yang memiliki paparan sinar matahari yang cukup tinggi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Itu dapat meningkatkan radikal bebas di kulit kita. Efeknya adalah kalau terlalu tinggi kandungan radikal bebas maka kulit akan lebih cepat tua, keriput, kering, dan mulai terdapat flek hitam pada kulit," ujar Dr. Inneke.
 
“Oksidasi yang tinggi dapat meningkatkan produksi melanin, yaitu pigmen yang memberikan warna gelap pada kulit. Kulit orang Asia sendiri mudah timbul flek karena memang kondisi paparan matahari yang cukup tinggi. Sehingga kulit membutuhkan antioksidan yang berfungsi membuat kulit tampak lebih cerah dan tidak kusam,” terangnya.
 
Sedangkan untuk sifat anti inflamasi, Dr. Inneke menambahkan bahwa ekstrak marigold ini juga bersifat anti inflamasi. Jadi misalnya ada eksim, atau iritasi jika diberikan obat dari ekstrak bunga ini dia akan lebih cepat reda.
 
"Itulah kenapa terkadang ekstrak marigold ini suka dicampur ke pelembap atau krim-krim yang digunakan pada bayi yang terkena dermatitis misalnya," sambung Dr. Inneke.
 
Selain itu, ekstrak marigold juga berfungsi meningkatkan imunitas sel-sel kulit. Ekstrak marigold ini dapat meningkatkan imunitas dari sel kulit sehingga lebih tahan terhadap bakteri, jamur, dan virus.
 
"Di luar negeri sendiri ekstrak marigold sering digunakan untuk melembapkan kulit dan juga mencegah infeksi,” tutup Dr. Inneke.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif