Cara Mudah Menghemat Pengeluaran Anda
Hindari nongkrong di cafe untuk menghemat pengeluaran Anda. Anda bisa menghemat pengeluaran jika membuat kopi sendiri dari rumah. (Foto: Seemi Samuel/Unsplash.com)
Jakarta: Melakukan penghematan terhadap uang bukanlah hal yang mudah. Akan ada banyak godaan yang mungkin bisa mengubah niat Anda ketika sedang menghemat pengeluaran. 

Memiliki niat dan tekad yang kuat untuk melakukan penghematan terhadap pengeluaran Anda merupakan salah satu hal penting yang perlu Anda miliki. Selain itu, ada juga beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam aktivitas sehari-hari ketika Anda sedang melakukan penghematan tersebut.

Dikutip dari Elite Daily, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan ketika sedang melakukan penghematan.


1. Memasak makanan Anda sendiri
Ketika sedang melakukan penghematan, sebaiknya Anda memasak makanan Anda sendiri dibandingkan harus memesan makanan. Selain dapat menghemat uang, dengan memasak makanan Anda sendiri juga kebersihan dari makanan Anda akan terjamin. Tahan keinginan Anda untuk membeli makanan di restoran atau kafe.

2. Hilangkan kebiasaan minum kopi
Ini bukan berarti Anda tidak diperbolehkan minum kopi sama sekali, namun Anda bisa dengan banyak menghemat pengeluaran Anda jika membuat kopi sendiri dari rumah. 

Anda dapat membeli biji kopi di supermarket, kemudian menggilingnya dengan mesin kopi di pagi hari agar mendapatkan kopi dengan rasa yang mirip seperti di kafe kesukaan Anda.

(Baca juga: Liburan Hemat dan Menyenangkan)


(Mengunjungi tempat-tempat wisata alam atau hutan kota bisa menjadi salah satu alternatif ketika Anda sedang melakukan penghematan uang. Foto: Michelle Spencer/Unsplash.com)

3. Jangan terlalu banyak menghabiskan uang ketika malam minggu
Malam minggu yang dihabiskan dengan nongkrong bersama teman-teman Anda bisa menjadi salah satu penyebab mengapa pengeluaran Anda cukup banyak setiap bulannya.

Jika Anda ingin melakukan penghematan, batasi intensitas pergi nongkrong dengan teman-teman Anda. Meskipun Anda sedang melakukan penghematan, batasi pengeluaran Anda yang ingin dihabiskan ketika sedang pergi bersama dengan teman-teman.

4. Memilih barang-barang diskon
Jika Anda sedang melakukan penghematan, berbelanja adalah masalah utama yang perlu Anda hindari. Ketika sedang pergi ke pusat perbelanjaan, membeli barang-barang yang ada akan sangat menggoda.

Anda masih bisa membeli barang-barang yang Anda inginkan, namun Anda bisa memilih barang-barang apa saja yang sedang mendapat diskon atau potongan harga agar Anda tetap bisa membeli barang yang diinginkan namun dengan harga yang murah.

5. Berjalan-jalan di alam
Mengunjungi tempat-tempat wisata alam atau hutan kota bisa menjadi salah satu alternatif ketika Anda sedang melakukan penghematan namun tetap ingin melakukan penyegaran dari rutinitas sehari-hari.

Atau bisa juga dengan berkeliling di sekitar rumah dengan menggunakan sepeda. Selain biaya yang murah, Anda juga bisa mendapatkan manfaat kesehatan dari hal tersebut.





(TIN)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id