Hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. (Ilustrasi/Pexels)
Hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. (Ilustrasi/Pexels)

Keuntungan Menerapkan Hidroponik Rumah Tangga

Rona tanaman
Kumara Anggita • 05 Agustus 2020 12:46
Jakarta: Apakah Anda ingin menanam namun lahan dan dana yang Anda punya terbatas? Sekarang Anda tak perlu khawatir lagi karena ada namanya hidroponik rumah tangga.
 
Tito Octoriadi S.Si, Penggiat hidroponik lulusan Departemen Biologi, IPB menjelaskan bahwa hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Hal ini tentunya akan menjawab persoalan tentang lahan.
 
Hidroponik rumah tangga perlu Anda coba karena ini adalah cara tanam yang memberikan banyak keuntungan seperti:

Efisiensi tenaga dan waktu

Hidroponik rumah tangga menurutnya tidak memerlukan pengolahan tanah, minim tenaga pemeliharaan dan panen, dan umur panen lebih pendek.

Steril

Ini adalah menanam tanpa menggunakan  media tanah yang menurutnya sebagai sumber penyakit dan kotor. Selain itu, penyemprotan tak perlu menggunakan pestisida.

Efisien dalam penggunaan air

“Metode penyiraman ditambah pemupukan secara sirkulasi,” ungkapnya dalam Aplikasi Orami Parenting.

Efisiensi lahan

Anda tak membutuhkan lahan yang luas untuk menanam banyak tanaman. Anda bisa menanamnya di dalam pipa.

Kuantitas dan kualitas tinggi

Dengan cara ini produktivitas bisa lebih tinggi, lebih banyak bagian tanaman yang bisa dikonsumsi, tanaman rasanya lebih manis dan renyah, kandungan gizi lebih tinggi, dan lebih aman dikonsumsi.

Bisa ditanam sepanjang musm atau tahun

Selama setahun Anda bisa memanen sayuran hingga 13 kali.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Berkreasi dengan hidroponik skala kecil atau rumah tangga terlebih dahulu adalah langkah awal yang baik untuk memanfaatkan hobi kita menjadi lahan usaha yang menguntungkan dalam skala yang lebih besar,” ungkapnya.
 

 
(YDH)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif