Ada beberapa benda-benda berbahaya di rumah yang harus segera dibuang. (Foto: Pexels.com)
Ada beberapa benda-benda berbahaya di rumah yang harus segera dibuang. (Foto: Pexels.com)

Delapan Benda yang Harus Segera Dibuang

Rona tips & trik
Anda Nurlaila • 30 April 2019 07:00

Ada beberapa benda-benda berbahaya di rumah yang harus segera dibuang. Salah satunya produk kecantikan yang telah rusak atau melewati batas waktu pemakaian dapat menyebabkan berjerawat, parasit kulit, infeksi. Pada beberapa kasus dapat menyebabkan kehilangan penglihatan. 


 

Jakarta: Tepung campuran pancake instan, rempah-rempah atau make up mungkin terlihat baik-baik saja meski telah lama tidak digunakan. Namun, bila masih tetap dipakai dapat menimbulkan gangguan kesehatan serius. 
 
Ada beberapa benda-benda berbahaya di rumah yang harus segera dibuang. Readers Digest memberi panduannya: 

1. Pengisi daya telepon murah

Pengisi daya murahan dapat membahayakan ponsel Anda. Ken Shirriff dari How-To Geek yang menguji berbagai pengisi daya menemukan sebagian besar pengisi daya tak bermerek memberikan daya yang tidak konsisten dan menyebabkan kerusakan baterai. Beli pengisi daya asli akan menjaga baterai ponsel lebih lama.

2. Tepung instan kemasan

Menurut para ahli di DoesItGoBad.com, tepung instan pancake dalam kemasan dapat menjadi racun dalam kondisi tertentu. Tepung dapat menjadi berkembang biak bagi jamur dan bakteri yang sulit ditemukan, yang bisa berakibat fatal bagi penderita alergi. Jika sudah lewat tanggal kadaluarsa, segera buang.

3. Bunga kering

Hewan peliharaan cenderung mengunyah hal-hal yang tidak seharusnya dan berbahaya jika Anda memiliki bunga kering di rumah. Menurut The Nest, bunga kering sendiri dapat menjadi ancaman, dan begitu pula bahan-bahan yang digunakan membuat rangkaian bunga. Ini dapat menyebabkan penyumbatan usus serius atau bahkan keracunan akut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Delapan Benda yang Harus Segera Dibuang
(Menurut para ahli di DoesItGoBad.com, tepung instan pancake dalam kemasan dapat menjadi racun dalam kondisi tertentu. Tepung dapat menjadi berkembang biak bagi jamur dan bakteri yang sulit ditemukan, yang bisa berakibat fatal bagi penderita alergi. Foto: Pexels.com)

4. Produk kecantikan kadaluarsa

Produk kecantikan yang telah rusak atau melewati batas waktu pemakaian dapat menyebabkan berjerawat, parasit kulit, infeksi. Pada beberapa kasus dapat menyebabkan kehilangan penglihatan. 
 
Alat make up yang sudah lama adalah tempat berkembang biaknya kuman, menyembunyikan bakteri jahat yang dapat menimbulkan kerusakan serius.

5. Gantungan baju kawat

Gantungan baju kawat dapat merusak pakaian. Maeve Richmond memberi tahu Well and Good: “Gantungan kawat benar-benar terlalu tipis membuat garis pada pakaian. Selain itu, gantungan baju kawat juga akan menekuk sehingga menyebabkan ruang dalam lemari lebih sedikit dan tidak enak dipandang.

6. Spons cuci

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Scientific Advances mengungkapkan bahwa hal yang paling banyak mengandung bakteri di rumah Anda adalah spons dapur. 
 
Kemampuan menyerap cairan menjadikan spons ruang hidup ideal. Meski berusaha membersihkan secara teratur tidak akan banyak berpengaruh. Idealnya, ganti spons dapur setiap minggu.

7. Rempah-rempah 

Kebanyakan kita menyangka rempah tak memiliki batas kadaluarsa. Sebuah laporan FDA mencatat bahwa rempah-rempah impor yang umum terkontaminasi salmonella dua kali lipat dari semua makanan impor lainnya. 
 
Ini termasuk ketumbar, oregano, kemangi, biji wijen, dan lada hitam. Jika ingin serangan keracunan makanan yang tak terduga, pastikan membersihkan dapur secara teratur.

8. Wadah plastik

Wadah makanan plastik umum dipakai menyimpan sisa makanan atau wadah bekal. Penelitian menunjukkan wadah makanan dari plastik dapat mengandung bisphenol-A (BPA) tingkat tinggi, racun yang sering ditemukan dalam plastik. 
 
Bahkan dalam dosis rendah, BPA berdampak signifikan pada keseimbangan hormon dan otak. Pastikan untuk tidak pernah menggunakan wadah plastik dalam microwave kecuali mereka berlabel aman microwave. Coba gunakan wadah kaca atau stainless steel sebagai gantinya.
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif