American Academy of Pediatrics merekomendasikan bahwa semua bayi sebaiknya menghadap ke belakang. (Foto: Sharon McCutcheon/Unsplash.com)
American Academy of Pediatrics merekomendasikan bahwa semua bayi sebaiknya menghadap ke belakang. (Foto: Sharon McCutcheon/Unsplash.com)

Lebih Aman Bayi Menghadap ke Belakang di dalam Mobil

Rona keluarga perkembangan anak
Sunnaholomi Halakrispen • 16 Januari 2019 07:42
Jakarta: Anda mungkin heran dengan pernyataan kursi mobil bayi (car seat) yang menghadap ke belakang. Atau mungkin Anda pernah melihat banyak informasi di berbagai situs online tetapi bingung tentang pedoman yang tepat.
 
Terkait hal tersebut, American Academy of Pediatrics merekomendasikan bahwa semua bayi sebaiknya menghadap ke belakang. Setidaknya hingga bayi berusia dua tahun. Posisi ini oleh para ahli dinilai aman bagi si kecil ketika Anda mengerem mobil.
 
(Baca juga: Car Seat Buat Bayi, Pilih Sesuai Bobot dan Usia)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Paling penting, batasan tinggi dan berat bayi disesuaikan dengan aturan yang direkomendasikan pada jok mobil yang digunakan.
 

(Posisi car seat yang menghadap ke belakang oleh para ahli dinilai aman bagi si kecil ketika Anda mengerem mobil. Foto: Emil Visek/Unsplash.com)
 
Sebagian besar kursi mobil kini dirancang untuk membantu anak menghadap ke belakang selama mungkin.
 
Sekarang ini, banyak varian kursi mobil bayi yang dijual di pasaran. Pilihlah kursi mobil yang memungkinkan Anda untuk menjaga anak-anak yang beratnya mencapai 50 pon atau 23 kilogram.
 
Awalnya, mungkin Anda khawatir jika anak Anda tidak nyaman duduk menghadap ke belakang. Namun, apabila anak Anda menghadap ke belakang sejak awal, akan terasa normal baginya untuk tetap menghadap ke belakang. 
 
Pasalnya, anak-anak dapat beradaptasi dengan melipat kaki mereka. Gerakan tersebut pun dinilai aman untuk bayi. Secara umum, Anda juga dapat lebih mudah menjaga anak Anda dari cermin mobil.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi