Kebahagiaan tercipta ketika kita memiliki hubungan sosial yang baik. (Foto Ilustrasi: Helena Lopes/Pexels)
Kebahagiaan tercipta ketika kita memiliki hubungan sosial yang baik. (Foto Ilustrasi: Helena Lopes/Pexels)

Penelitian: Hubungan Sosial yang Baik Kunci Kebahagiaan

Rona penelitian
Dhaifurrakhman Abas • 03 Juni 2019 13:13
Sebuah tim peneliti dari Universitas Harvard melakukan metode longitudinal komperehensif. Dalam penelitan tersebut mereka menemukan satu hal yang membuat Anda bahagia secara abadi. Yaitu memiliki hubungan sosial yang baik.
 
Jakarta: Apa yang membuat Anda bahagia dalam menjalani hidup? Apakah itu uang, ketenaran, karier yang bagus, bepergian, atau berpesta?
 
Semua hal itu mungkin dapat membantu Anda terhibur dan merasa bahagia. Sayangnya kebahagiaan yang didapatkan hanya sesaat, tidak dalam jangka waktu yang lama.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, baru-baru ini, penelitian dari Universitas Harvard menemukan satu hal yang membuat Anda bahagia secara abadi. Hal tersebut adalah hubungan sosial yang sehat.
 
Pendapat itu dilontarkan setelah para peneliti melakukan studi lebih dari 80 tahun terhadap melacak kehidupan 268 siswa. Dimulai pada tahun 1938, tim melakukan penelitian ini lewat metode longitudinal komprehensif yang dilakukan sampai sekarang.
 
Selama penelitian tersebut, tim peneliti meneliti kehidupan pribadi peserta, kesehatan mental, dan fisik. Mereka juga menganalisis laporan medis, melakukan pemindaian otak peserta penelitian, dan melakukan wawancara langsung serta mengisi kuesioner.
 
Tidak hanya itu, para peneliti juga melacak kualitas hidup mereka dari informasi yang mereka kumpulkan tentang kehidupan profesional dan pernikahan mereka.
 
Hingga saat ini, para peserta penelitian berusia sekitar 90-an. Para peneliti juga menyertakan anak-anak dari para peserta penelitian, yang saat ini berusia 50-an dan 60-an, untuk memperluas studi ini.
 
Dalam penelitian puluhan tahun ini, beberapa peserta kemudian mulai berprofesi. Ada yang menjadi dokter, pengacara, dan wirausahawan yang sukses. Sisanya menjadi pecandu alkohol dan penderita skizofrenia.

Hasil

Studi ini menyimpulkan bahwa hubungan sosial memiliki pengaruh kuat pada tingkat kebahagiaan dan kesehatan manusia secara keseluruhan. Sederhananya, hubungan sosial yang baik membantu membuat manusia merasa bahagia sepanjang hidupnya.
 
Studi ini menunjukkan bahwa menjaga hubungan yang baik dengan orang-orang terdekat juga sangat memengaruhi kesehatan seseorang. Bahkan, seseorang mengalami tingkat kecemasan yang lebih rendah ketika dia memiliki teman yang bisa diandalkan pada saat dibutuhkan.
 
Penelitian ini juga menyebutkan bahwa mempertahankan hubungan yang baik adalah bentuk perawatan diri juga. Sebab, ketika memiliki dukungan sosial yang baik, manusia menurunkan risiko kerusakan mental seiring bertambahnya usia.
 
“Karena kesendirian itu dapat membunuh Anda. Ini sama kuatnya dengan merokok atau alkoholisme," kata peneliti tersebut seperti dikutip Times of India.
 
Meski begitu, penelitian ini tidak menyoroti apakah menikah dengan orang yang tepat membantu seseorang menjadi bahagia. Meskipun kebanyakan peserta penelitian yang menikah mengaku aman dan dicintai. Sehingga mereka cenderung lebih sehat dan bahagia dalam menjalani kehidupan.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif