Ilustrasi--(Foto: Helder Almeida/Unsplash.com)
Ilustrasi--(Foto: Helder Almeida/Unsplash.com)

Kenapa Bayi Punya Aroma Khas?

Rona bayi
Dhaifurrakhman Abas • 06 Juli 2019 07:01
Bayi selalu memiliki aroma yang khas. Para peneliti memiliki dua teori secara ilmiah kenapa bayi memiliki aroma khas.
 

Jakarta: Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa tubuh bayi baru lahir beraroma khas? Bahkan beberapa orang mengaku suka mengendus aroma tersebut.
 
Dilansir dari Time of India, alasan di balik aroma khas bayi ternyata ada penjelasan ilmiahnya. Hal ini dijelaskan dalam studi yang diterbitkan jurnal Frontiers in Psychology.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam studi tersebut, para peneliti mengamati aktivitas otak 30 perempuan. Mereka terdiri dari 15 perempuan yang baru melahirkan. Sementara sisanya belum pernah melahirkan. 
 
Aktivitas otak dua kelompok perempuan ini dianalisis berdasarkan bagaimana respons mereka ketika mencium aroma baju yang dikenakan bayi. Hal ini dilakukan selama dua hari.
Kenapa Bayi Punya Aroma Khas?
Ilustrasi--(Foto: Sharon McCutcheon/Unsplash.com)
 
Ternyata aktivitas otak peserta penelitian meningkat ketika mencium baju yang dikenakan bayi. Adapun bagian otak yang merespons serupa dengan bagian otak yang terstimulasi ketika seseorang dihadiahi sesuatu atau ketika mereka mengonsumsi makanan lezat.
 
Sementara itu, para ilmuwan belum bisa memberikan jawaban yang pasti darimana aroma tersebut berasal. Namun, para peneliti memiliki beberapa teori.
 
Dalam teori pertama, peneliti menyebut aroma berasal dari bahan kimia yang dikeluarkan keringat bayi. Namun, aroma bayi yang khas mulai berubah ketika sudah bisa makan dan minum.
 
Teori kedua mengatakan bahwa aroma khas bayi berasal dari vernix caseosa yang menutupi kulit bayi yang baru lahir. Aroma tersebut tetap bertahan di tubuh selama beberapa saat meski sudah dimandikan.
 
Meski aroma bayi baru lahir memudar seiring waktu, para ibu selalu menyukai aroma anak-anak mereka. Faktanya, beberapa orang tua bayi mengaku masih dapat mencium aroma indah itu bahkan ketika buah hati mereka memasuki usia balita.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif